Jokowi Sambangi Rumah Megawati, Silaturahmi Sekaligus Bahas Ganjar

Andi M. Arief
27 April 2023, 12:23
jokowi, megawati, pdip, ganjar
Antara
Presiden Joko Widodo beserta Ibu Negara Iriana Joko Widodo bertemu Megawati Soekarnoputri di Teuku Umar, Jakarta, Kamis (27/4). Foto: Antara.

Presiden Joko Widodo mengunjungi kediaman Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Megawati Soekarnoputri hari ini, Kamis (27/4). Kepala Negara didampingi oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo saat bertamu.

Dalam pertemuan tersebut, Megawati didampingi Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto. Hasto menjelaskan tujuan kedatangan Jokowi adalah silaturahmi dan halal bihalal dalam suasana Idul Fitri 1444 H.

"Saling maaf memaafkan, saling bersilaturahmi dan membangun semangat persaudaraan. Sebuah teladan baik bagi seluruh umat manusia,” kata Hasto dalam keterangan resmi, Kamis (27/4).

Pertemuan Jokowi dan Megawati dipengaruhi oleh momentum politik nasional. Hasto menjelaskan keduanya membicarakan dinamika politik teranyar pasca pengusungan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai calon presiden dari PDIP.

Hasto mengatakan, pengumuman Ganjar sebagai calon presiden telah mengubah konstelasi politik jelang pemilu dan pemilihan presiden 2024. Ia bahkan menyebut dinamika politik yang berubah drastis justru menunjukkan sinyal positif atas pencapresan Ganjar.  

PDI PERJUANGAN TETAPKAN GANJAR PRANOWO CALON PRESIDEN 2024
PDI PERJUANGAN TETAPKAN GANJAR PRANOWO CALON PRESIDEN 2024 (ANTARA FOTO/Monang/mrh/YU)

Setelah pengumuman calon presiden, PDIP kata Hasto akan mengintensifkan komunikasi dengan partai politik lain. Ia menyebut PDIP telah membicarakan kemungkinan koalisi dengan sejumlah partai.  

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...