Hasil KTT: ASEAN Kecam Serangan Kepada Bantuan Kemanusiaan Myanmar

Andi M. Arief
11 Mei 2023, 17:37
myanmar, asean, ktt asean
Katadata
Pemimpin ASEAN menggunakan tenun motif mata manuk saat hari kedua Konferensi Tingkat Tinggi atau KTT ASEAN ke-42 di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, Kamis (11/5).

Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN ke-42 menghasilkan 10 poin pembicaraan. Salah satunya mengecam serangan pada bantuan kemanusiaan yang dikirimkan ke Myanmar belum lama ini. 

Oleh karena itu, pimpinan ASEAN menegaskan agar para penyerang tersebut harus bertanggung jawab. Pada saat yang sama, kepala negara anggota ASEAN mengaku khawatir terhadap serangan tersebut.

"Kami mengimbau hentikan segala bentuk kekerasan untuk menciptakan lingkungan yang aman dan agar pengiriman bantuan kemanusian dapat tiba," seperti tertulis dalam pernyataan Pemimpin ASEAN, Kamis (11/5).

Para pemimpin berharap agar Myanmar dapat menciptakan dialog nasional yang inklusif. Oleh karena itu, mereka mendukung respon Presiden Joko Widodo terkait peristiwa tersebut.

Pimpinan negara-negara Asia Tenggara akan terus melanjutkan pendekatan dengan semua pemangku kepentingan di Myanmar. Selain itu, ASEAN masih mendorong perkembangan implementasi konsensus lima poin atau 5PC.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...