Menlu: ASEAN Tidak Menyerah Bantu Myanmar Selesaikan Konflik

Andi M. Arief
11 Mei 2023, 14:41
myanmar, asean, ktt asean, menlu
ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/hp.
Menlteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi memberikan paparan pada ASEAN Foreign Minister Meeting (AMM) di Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT, Selasa (9/5/2023). POOL/

Menteri Luar Negeri Retno P Marsudi mengakui kurangnya kemajuan dalam penyelesaian konflik politik di Myanmar. Namun hal tersebut bukan berarti ASEAN menyerah dalam membantu konflik di Negeri Seribu Pagoda.

Retno mengatakan implementasi lima poin konsensus atau 5PC tidak memiliki perkembangan sejauh ini. Lima poin konsensus atau 5PC merupakan kesepakatan antara Myanmar dan ASEAN dalam mengakhiri konflik politik.

"Kurangnya progres 5PC tidak berarti ASEAN telah menyerah, khususnya dalam prinsip yang tertuang dalam ASEAN Charter," kata Retno dalam pernyataan pers usai Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-42 di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, Kamis (11/5).

Prinsip yang dimaksud Retno adalah ketaatan pada hukum, pemerintahan yang baik, prinsip demokrasi, dan pemerintahan yang mengacu konstitusi. Seluruh pimpinan ASEAN sepakat relevansi organisasi tersebut ditentukan dalam menghormati prinsip yang telah ada. 

Retno menekankan komitmen Indonesia dalam membantu masyarakat di Myanmar tetap kuat. Oleh karena itu, Indonesia akan tetap membantu dalam pengiriman bantuan kemanusiaan ke sana.

"Komitmen ASEAN tetap kuat untuk membantu masyarakat lewat bantuan kemanusiaan dan dengan mengadopsi prinsip no one left behind," kata Retno.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief

Untuk kelima kalinya, Indonesia didapuk menjadi Keketuaan ASEAN. Situasi dunia tahun ini yang belum kondusif tentu menjadi tantangan tersendiri dalam mengemban amanah tersebut. Persaingan kekuatan besar dunia yang meruncing mesti dikelola dengan baik agar konflik terbuka dan perang baru tidak muncul, terutama di Asia Tenggara.

Keketuaan Indonesia juga diharapkan menjadi pintu bagi ASEAN untuk berperan aktif dalam perdamaian dan kemakmuran di kawasan melalui masyarakat ekonomi ASEAN. Untuk itu, Indonesia hendak memperkuat pemulihan ekonomi dan menjadikan Asia Tenggara sebagai mesin pertumbuhan dunia yang berkelanjutan.

Simak selengkapnya di https://katadata.co.id/asean-summit-2023 untuk mengetahui setiap perkembangan dan berbagai infomasi lebih lengkap mengenai KTT Asean 2023.

#KatadataAseanSummit2023 #KalauBicaraPakaiData

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...