Pengelola Borobudur Siapkan 5.000 Tiket Festival Lampion Waisak

Ameidyo Daud Nasution
4 Juni 2023, 09:54
waisak, borobudur, lampion
ANTARA FOTO/ANDREAS FITRI ATMOKO
Pengunjung menerbangkan lampion perdamaian saat perayaan Waisak 2563 BE/2019 di Taman Lubini, Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Minggu (19/5/2019).

Operator Candi Borobudur menyiapkan 5.000 tiket masuk bagi pengunjung yang ingin menghadiri Pelepasan Lampion Waisak pada Minggu (4/6) malam. Jumlah tiket dibatasi karena lahan yang terbatas.

Saat ini, sebanyak 4.000 tiket telah terjual. Sedangkan jumlah lampion yang akan dilepaskan tahun ini sebanyak 2.567, sesuai dengan tahun perayaan Waisak yakni 2567 BE.

"Ini adalah acara kedua yang digelar usai pandemi," kata Direktur Pemasaran, Pelayanan dan Pengembangan Usaha PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (TWC), Hetty Herawati di Magelang, Jawa Tengah, Minggu (4/6) dikutip dari Antara.

Pemesanan bisa dilakukan secara online lewat laman ticketcandiborobudurpark. Masyarakat yang ingin melepas lampion juga bisa hadir lewat pintu utama Borobudur.

Sedangkan harga tiket bagi wisatawan sebesar Rp 50 ribu dengan jam operasional 17.00 hingga 20.00 WIB. Hetty mengimbau pengunjung yang datang menggunakan pakaian berwarna putih.

"Diharapkan semua orang memiliki hati dan jiwa bersih saat menerbangkan lampion yang sarat doa dan harapan," katanya.

Sedangkan Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata InJourney Maya Watono menargetkan ada 10 ribu pengunjung yang hadir dalam acara tersebut. Sedangkan separuhnya akan melepas lampion.

PT TWC bekerja sama dengan masyarakat sekitar menyediakan kantong-kantong parkir dengan memanfaatkan lahan masyarakat sekitar. Ini dilakukan untuk mencegah adanya kemacetan.

Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...