Jokowi Resmi Cabut Status Pandemi Covid-19, Indonesia Masuk Endemi

Ameidyo Daud Nasution
21 Juni 2023, 15:19
jokowi, pandemi, covid-19
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/tom.
Presiden Joko Widodo menyampaikan pengarahan saat Pencanangan Pelaksanaan Sensus Pertanian Tahun 2023 di Istana Negara, Senin (15/5/2023).

Presiden Joko Widodo hari ini resmi mengakhiri status pandemi Covid-19 di Indonesia. Ini berarti status pandemi yang telah diberlakukan selama tiga tahun di Indonesia resmi berakhir.

"Pemerintah memutuskan mencabut status pandemi berubah dan masuk pada endemi," kata Jokowi dalam pernyataan pers, Rabu (21/6).

Jokowi mengatakan penurunan status diambil lantaran beberapa hal seperti kasus harian. Ketiganya adalah rendahnya kasus Covid-19, kekebalan tubuh masyarakat, serta pernyataan Badan Kesehatan Dunia (WHO) soal penularan terkini Covid-19.

"WHO telah mencabut Covid-19 sebagai public health emergency of international concern," kata Jokowi.

Pekan lalu, Jokowi menyatakan Indonesia segera masuk status endemi Covid-19. Hal ini karena penularan virus corona terus melandai serta meluasnya cakupan vaksinasi. 

"Sudah kami putuskan masuk endemi. Dimatangkan dalam seminggu atau dua minggu," kata Joko Widodo di Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan, Jakarta, Rabu (14/6) dikutip dari Antara.

Jokowi mengatakan jumlah kasus harian Covid-19 selama beberapa hari terakhir sebanyak 217 kasus, sedangkan kasus aktif corona 10.200 kasus. Sedangkan vaksinasi juga sudah di atas 452 juta dosis.


Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...