Elektabilitas Anies Tergerus, Demokrat Desak Umumkan Bakal Cawapres

Ade Rosman
25 Agustus 2023, 08:19
anies, anies baswedan, demokrat
ANTARA FOTO/Makna Zaezar/nz
Bakal Calon Presiden Anies Baswedan berswafoto dengan relawan saat menghadiri deklarasi relawan Kuning Ijo Biru (KIB) di Lapangan PRPP Semarang, Jawa Tengah, Minggu (20/8/2023).

Ssurvei Litbang Kompas menunjukkan elektabilitas Anies Baswedan kian tertinggal dari dua kandidat lainnya yakni Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo. Partai Demokrat menilai elektabilitas Mantan Gubernur DKI Jakarta itu kian merosot lantaran belum memutuskan calon wakil presiden yang akan mendampinginya.

“Masalahnya karena belum ada deklarasi saja, kalau sudah deklarasi nanti bisa bersaing. Kan semua mesin bergerak nanti,” kata Ketua Badan Pemenangan Pemilihan Umum (Bappilu) Partai Demokrat, Andi Arief kepada wartawan di Kawasan TIM, Jakarta, Kamis (24/8) malam. 

Pada kesempatan yang sama, anggota Majelis Tinggi Partai Demokrat Syarief Hasan menyampaikan hal senada. Sama dengan Andi, Syarif mendesak Anies segera mengumumkan cawapres yang dipilihnya.

“Yang jelas, kami harapkan deklarasi segera dilakukan. Apapun hasilnya,” kata Syarief. 

Dalam simulasi tiga nama, elektabilitas Anies 19,2%, tertinggal dari Prabowo 31,3%, dan Ganjar dengan nilai 34,1%. Pun dengan simulasi head to head, menurut survei tersebut, Anies kalah jika berhadapan dengan Ganjar maupun Prabowo.

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...