Jokowi Dikabarkan Reshuffle Kabinet Besok, Ini Nama-Nama yang Beredar

Ameidyo Daud Nasution
24 Oktober 2023, 19:57
reshuffle, kabinet, jokowi
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/rwa.
Presiden Joko Widodo (kanan) menyampaikan pidato pengantar dalam Sidang Kabinet Paripurna di Istana Negara, Jakarta, Senin (16/1/2023). Sidang tersebut membahas evaluasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Tahun 2022, serta rencana program dan anggaran tahun 2023.

Presiden Joko Widodo dikabarkan akan melakukan kocok ulang atau reshuffle kabinet pada Rabu (24/10). Sejumlah nama kabarnya masuk untuk mengisi pos strategis di Kabinet Indonesia Maju.

Kabar ini awalnya disampaikan langsung oleh Jokowi. Presiden mengatakan pergantian kemungkinan akan dilakukan beberapa hari lagi. Adapun, posisi yang diisi adalah Menteri Pertanian.

"Mungkin minggu ini," kata Jokowi di Jakarta, Selasa (24/10).

Kabar pelantikan pejabat ini juga dibenarkan oleh pihak Istana Kepresidenan. Meski demikian, Istana belum memberikan nama-nama pejabat yang akan dilantik besokt.

"Besok (Rabu) memang ada pelantikan pejabat di Istana Negara," kata Koordinator Staf Khusus Presiden AAGN Ari Dwipayana, dikutip dari Antara, Selasa (24/10).

Salah satu nama yang beredar adalah Letjen (TNI) Agus Subiyanto yang menggantikan Jenderal TNI Dudung Abdurachman sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD).

Dudung diganti karena akan memasuki masa pensiun. Meski demikian, Jokowi kabarnya akan menunjuk Dudung untuk menggantikan Budi Gunawan sebagai Kepala Badan Intelijen Negara (BIN).

Kasad berikan penghargaan pada atlet TNI AD
Kasad berikan penghargaan pada atlet TNI AD (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/foc.)

Pihak Angkatan Darat juga belum mau berkomentar banyak soal pergantian pejabat. Kepala Dinas Penerangan TNI AD, Brigjen (TNI) Hamim Tohari menyerahkan hal tersebut kepada Presiden.

"Kita tunggu saya dari Istana," kata Hamim kepada Katadata.co.id, Selasa (24/10).

Nama lainnya adalah Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang kabarnya menjadi Menteri Pertanian. Agus pada Senin (25/10) telah bertemu Jokowi di Istana Kepresidenan, Jakarta.

Halaman:
Reporter: Tim Redaksi Katadata
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...