Usai Lepas Kendali Ant Group, Jack Ma Dilaporkan Berada di Bangkok

Ameidyo Daud Nasution
7 Januari 2023, 21:43
Jack Ma tercatat oleh Forbes memiliki total kekayaan US$ 38,7 miliar atau setara Rp 570 triliun.
ANTARA FOTO/INASGOC/Zabur Karuru
Jack Ma tercatat oleh Forbes memiliki total kekayaan US$ 38,7 miliar atau setara Rp 570 triliun.

Jack Ma sudah melepaskan kendali atas Ant Group usai ia menyerahkan sebagian besar hak kuasanya. Ia juga dikabarkan saat ini tengah tak berada di Cina.

Media Thailand dan beberapa warganet melaporkan triliuner tersebut saat ini berada di Bangkok. Hal ini terlihat dari unggahan Instagram koki ternama Thailand, Supinya "Jay Fai" Junsuta.

Koki yang terkenal dengan masakan omelet kerang itu mengunggah foto dirinya dengan Jack Ma pada Jumat (6/1). Terlihat, Ma yang mengenakan kaos berwarna biru memberikan jempol sambil tersenyum.

Dikutip dari Reuters, beberapa media lokal melaporkan bahwa pendiri Alibaba itu berada di restoran Jay Fai bersama bos Charoen Pokphand Group Supakit Chearavanont.

Ma juga dikabarkan menghadiri pertandingan tinju di Stadion Rajadamnern Bangkok. Ia bahkan sempat berfoto dengan juara tinju Thailand, Sombat "Buakaw" Banchamek.

Jack Ma dengan koki Supinya Junsuta. Foto: Instagram Jay Fai.
Jack Ma dengan koki Supinya Junsuta. Foto: Instagram Jay Fai. (Instagram/JayFaiBangkok)

 

Meski demikian, CP Group tak mengomentari pertemuan Ma dengan Supakit. Begitu pula Yayasan Jack Ma juga tak menanggapi permintaan komentar dari Reuters.

Keputusan Jack Ma melepaskan kendali Ant Group diambil setelah regulator Cina menggagalkan IPO Ant senilai US$ 37 miliar pada 2020 dan membuat perusahaan terpaksa melakukan restrukturisasi. 

Jack Ma sebenarnya hanya memiliki 10% saham di Ant. Namun dalam prospektus IPO Ant ke regulator pada 2020, Jack Ma tetap dapat menjalankan kendali atas afiliasi raksasa e-commerce Alibaba Group Holding Ltd (9988.HK) tersebut melalui entitas lainnya. 

Hangzhou Yunbo yang menjadi sarana investasi Jack Ma memiliki kendali atas dua entitas lain yang memiliki gabungan 50,5% saham Ant. Namun, perusahaan mengatakan, Jack Ma dan sembilan pemegang saham utama lainnya telah setuju hanya memberikan suara secara independen.

Ma sebelumnya memiliki lebih dari 50% hak suara di Ant. Namun dengan perubahan itu, kepemilikan sahamnya turun menjadi 6,2% berdasarkan perhitungan Reuters.

 

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait