PT Medco Energi Internasional Tbk mengumumkan divestasi kepemilikannya di lapangan migas Area 47 di Libya, kepada Libya National Oil Corporation (NOC).

Divestasi ini berlangsung setelah MedcoEnergi dan NOC menyepakati pengalihan seluruh hak partisipasi MedcoEnergi 50% dalam Perjanjian Bagi Hasil Eksplorasi dan Produksi (EPSA) di Kontrak Area 47.

Medco juga melepas seluruh kepemilikan saham mereka sebanyak 24,5% di Joint Operating Company, Nafusah Oil Operations B.V. Divestasi ini juga menyelesaikan seluruh tuntutan dan gugatan di bawah arbitrase antara MedcoEnergi dan NOC, yang telah disepakati oleh kedua pihak untuk ditarik.

“Divestasi ini sejalan dengan strategi MedcoEnergi untuk terus meningkatkan portofolio melalui akuisisi dan divestasi yang tepat sasaran. Kami mengapresiasi kerja sama NOC selama transaksi ini,” kata CEO MedcoEnergi Roberto Lorato dalam siaran pers, dikutip Selasa (28/5).

Area 47 merupakan wilayah pengembangan minyak konvensional yang berada di Libya dan dioperasikan oleh Nafusah Oil Operations. Area yang ditemukan pada tahun 2007, dengan lahan seluas 6.182 km2.

Dilansir dari laman resmi Medco, tertulis bahwa perusahaan ini merupakan joint venture antara Medco International Ventures Limited (MIVL) sebagai operator dan Libyan Investment Authority, dengan kepemilikan masing-masing 50%.

Sementara untuk hak partisipasi atau pengembangan, Medco International Ventures Limited menguasai 25%, Libyan Investment Authority 25%, dan National Oil Corporation (NOC) Libya 50%.

Dilansir dari siaran pers perusahaan, MedcoEnergi mengumumkan pembentukkan Joint Operating Company (JOC) dengan mitranya, National Oil Corporation of Libya dan Libyan Investment Authority pada Maret 2013. JOC dibentuk untuk bertindak sebagai operator dalam tahap pengembangan Area 47.

Pada 2013 lalu, Medco menulis total investasi modal diperkirakan mencapai sekitar US$ 900 juta, yang terdiri dari US$ 280 juta untuk pengeboran dan US$ 620 juta untuk fasilitas permukaan. Dalam hal ini, porsi MedcoEnergi adalah sekitar US$ 220 juta.

Direktur Utama & CEO MedcoEnergi yang kala itu dijabat oleh Lukman Mahfoedz mengatakan bahwa MedcoEnergi sangat gembira dengan pencapaian ini, sebagai tindak lanjut dari Deklarasi Komersial pada Desember 2011.

Lukman menyampaikan, pengembangan Area 47 Libya merupakan tonggak sejarah penting bagi produksi minyak Libya dari pengembangan lapangan baru, serta memberikan kontribusi pendapatan yang signifikan bagi negara dan juga perusahaan.

"Kami sangat gembira karena 10 lapangan lainnya yang telah ditemukan, saat ini sedang dalam proses penilaian untuk tahap pengembangan selanjutnya,” kata Lukman dalam siaran pers 2013.

Reporter: Mela Syaharani