Transaksi perdagangan UMKM binaan Pertamina ini tumbuh sebesar 17,09 persen dibandingkan dengan omzet pada 2023 sebesar Rp14,9 miliar. Kenaikan jumlah transaksi ini turut memperkuat pemberdayaan UMKM sehingga diharapkan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi.
Vice President Corporate Communication PT Pertamina (Persero) Fadjar Djoko Santoso mengatakan, pameran retail artiya ditujukan bagi masyarakat umum. Jumlah dari acara yang berlangsung selama 6 hari, pada 22-27 Oktober 2024 di Jakarta, ini sebesar Rp1,53 miliar.
Sementara itu, sisanya senilai Rp15,91 miliar berasal dari perdagangan bisnis (business to business. B2B adalah kesepakatan kerja sama bisnis yang biasanya untuk pembelian jumlah besar.
“Kenaikan nilai transaksi UMKM ini mencerminkan kepercayaan masyarakat terhadap kualitas produk UMKM binaan Pertamina," ujar Fadjar di sesi penutupan Pertamina SMEXPO, dikutip dari keterangan resmi, Rabu (30/10).
Pertamina SMEXPO 2024 yang mengangkat tema "Lokal Jadi Vokal" ini menghadirkan 45 UMKM binaan perseroan dengan beragam kategori produk. Mulai dari fesyen, makanan dan minuman, kerajinan tangan, hingga produk inovatif berbasis teknologi.
"Keberhasilan SMEXPO 2024 tidak hanya diukur dari nilai transaksi, tetapi juga dari terbentuknya ekosistem bisnis yang mendukung pertumbuhan UMKM. Selama acara SMEXPO, kami juga menggelar workshop dan talkshow untuk meningkatkan kapasitas dan wawasan pelaku UMKM," ujar Fadjar.
Tercatat lebih dari 9.000 pengunjung hadir selama 6 hari penyelenggaraan SMEXPO. Hal ini menunjukkan tingginya minat masyarakat terhadap produk UMKM lokal. Pengunjung pun tak hanya dari kalangan masyarakat, tetapi juga pelaku bisnis dan potential buyer domestik maupun mancanegara.
Acara yang memasuki tahun keempat ini merupakan bagian dari program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Pertamina. SMEXPO tak hanya berfungsi sebagai platform pemasaran tetapi juga memfasilitasi pertumbuhan bisnis UMKM melalui berbagai program pendampingan dan pengembangan kapasitas.
Keberhasilan SMEXPO 2024 menjadi wujud nyata peran Pertamina dalam mendorong pertumbuhan ekonomi nasional melalui pemberdayaan UMKM. Kegiatan ini tidak hanya memberikan dampak langsung bagi peningkatan pendapatan UMKM, tetapi juga membuka peluang ekspansi bisnis melalui jaringan kemitraan.
"Pertamina berkomitmen untuk terus mendukung pertumbuhan UMKM nasional. Kesuksesan SMEXPO 2024 menjadi motivasi bagi kami untuk menghadirkan program-program pemberdayaan yang lebih inovatif di masa mendatang," kata Fadjar.
Pertamina sebagai perusahaan pemimpin di bidang transisi energi, berkomitmen dalam mendukung target Net Zero Emission 2060 dengan terus mendorong program-program yang berdampak langsung pada capaian Sustainable Development Goals (SDGs). Seluruh upaya tersebut sejalan dengan penerapan Environmental, Social & Governance (ESG) di seluruh lini bisnis dan operasi Pertamina.