KAI Operasikan Kereta Api Pertama di Sulawesi, Rute Makassar-Pare-pare

ANTARA FOTO/Abriawan Abhe/rwa.
Seorang masinis bersiap mengoperasikan kereta api di Stasiun Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, Selasa (10/1/2023). Jalur pengoperasian kereta api Makassar-Pare Pare saat ini memiliki jalur sepanjang 80 kilometer dengan melintasi sembilan stasiun, diantaranya Stasiun Labbakkang, Mandalle, Tanete Rilau dan Garongkong.
30/1/2023, 16.38 WIB

PT Kereta Api Indonesia (Persero) terus menyiapkan pengoperasian sarana KA Makassar - Parepare yang saat ini dalam tahap uji coba terbatas. KAI telah membentuk kemitraan bersama PT Sulsel Citra Indonesia (Perseroda) dengan nama Konsorsium Kereta Api Sulsel yang bertugas menyelanggarakan kereta api perintis lintas Makassar - Parepare.

VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan, KAI siap mendukung pengoperasian KA Makassar - Parepare yang merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional ini.

“KAI siap menjalankan amanah yang diberikan oleh pemerintah dalam menjalankan transportasi kereta api yang aman, efisien, dan ramah lingkungan di Sulawesi Selatan,” ujar Joni Martinus, Senin (30/1).

Panjang 110 Km

Pembangunan kereta api di Sulawesi Selatan saat ini sudah terbangun kurang lebih 110 km, terbentang dari Kab. Maros sampai dengan perbatasan Kab. Barru. Sementara yang sudah beroperasi adalah angkutan penumpang dengan uji coba terbatas di lintas Garongkong sampai dengan Mangilu. Proyek Kereta Api Makassar - Parepare merupakan bagian dari jaringan kereta api Trans Sulawesi yang akan menghubungkan Makassar sampai dengan Manado.

Saat ini KAI sedang menyiapkan sarana berupa 2 rangkaian kereta penumpang dan sumber daya manusia guna mendukung pengoperasian kereta tersebut seperti masinis, Customer Service on Train, dan Teknisi Kereta Api.

Adapun pembangunan jalurnya sedang dilakukan oleh Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan dan PT Celebes Railway Indonesia sebagai operator prasarana secara paralel.

“Penugasan untuk mengoperasikan KA Makassar - Parepare ini merupakan amanah yang penting karena jalur ini merupakan pembuka transportasi kereta api kawasan Indonesia Timur yang pertama. KAI berkomitmen melaksanakan penugasan sesuai dengan Good Corporate Governance sehingga betul-betul bisa memenuhi harapan seluruh stakeholder.” tutup Joni.

Kementerian Perhubungan mencatat, panjang rel kereta api di Indonesia terus mengalami peningkatan sejak 2016-2020. Pada 2016, panjang rel kereta api di dalam negeri sebesar 5,38 juta meter. Panjang rel kereta api pun meningkatmenjadi 6,32 juta meter pada 2020.