Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi–Parapat Beroperasi Gratis Saat Mudik

ANTARA FOTO/Septianda Perdana/foc.
Kendaraan melintas di ruas tol Medan-Tebing Tinggi yang lenggang di Medan, Sumatera Utara, Minggu (10/5/2020).
13/4/2023, 04.00 WIB

Ada juga 11 perizinan di Kementerian Komunikasi dan Informatika. Kemudian masing-masing 4 perizinan di Kementerian Pertahanan dan Kementerian Hukum dan HAM

   Ruas tol Kuala Tanjung – Tebing Tinggi – Parapat akan dibuka fungsional tanpa tarif atau gratis. Terdapat dua ruas gate to gate yang nantinya dibuka dan dapat dilalui oleh kendaraan, yaitu Gate Tebing Tinggi – Gate Inderapura sepanjang 28,5 km dan Gate Dolok Merawan – Gate Sinaksak sepanjang 15,6 km.

Direktur Utama PT Hutama Marga Waskita, Dindin Solakhuddin, selaku Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) Kuala Tanjung – Tebing Tinggi – Parapat mengatakan pembukaan ruas tol ini dapat menambah layanan jalan tol. Sebelumnya, kendaraan yang melintas dari Medan ke Kisaran atau Kuala Tanjung harus berakhir di gerbang tol Tebing Tinggi.

"Nantinya dengan fungsionalnya jalan tol kami, maka kendaraan dapat melanjutkan perjalanannya hingga berakhir di Inderapura," ujarnya melalui keteranga tertulis, Rabu (12/4).

Sementara dibukanya gerbang Dolok Merawan hingga gate Sinaksak diharapkan menjadi jalur alternatif bagi kendaraan yang melintas di jalan nasional dari arah kota Medan yang akan menuju Pematang Siantar.

Dindin mengatakan, Jalan Tol Kuala Tanjung – Tebing Tinggi – Parapat sampai dengan saat ini masih dalam tahap konstruksi. Meskipun demikian, Badan Pengatur Jalan Tol dan Kepolisian Daerah Sumatera Utara menilai kedua ruas gate to gate ini yang paling memungkinkan kesiapannya dari aspek keamanan dan kenyamanan untuk dapat dilintasi bagi kendaraan

Dibuka Fungsional Mulai 15 April

Berkaca pada momen Lebaran di tahun-tahun sebelumnya, kenaikan volume kendaraan diprediksi terjadi sejak H-7 lebaran. Mengantisipasi hal tersebut, maka fungsional kedua ruas tol ini direncanakan mulai dibuka pada tanggal 15 April 2023 sampai dengan tanggal 2 Mei 2023.

Jalan tol tersebut akan difungsikan 2 lajur 2 arah serta diperuntukkan hanya untuk kendaraan golongan 1 yatu mobil roda empat dan mini bus. Kendaran diizinkan melaju dengan batas kecepatan 40-60km/jam.

Sebagai informasi, Jalan Tol Kuala Tanjung – Tebing Tinggi – Parapat sepanjang 143,5 km terbagi dalam 6 (enam) Seksi dengan progress konstruksi:

  • Seksi 1 (Ruas Tebing Tinggi – Inderapura) telah selesai dikerjakan,
  • Seksi 2 (Ruas Inderapura – Kuala Tanjung) telah mencapai 86,09%
  • Seksi 3 (Ruas Tebing Tinggi – Serbelawan) telah mencapai 76,49%
  • Seksi 4 (Ruas Serbelawan – Pematang Siantar) telah mencapai 62,98%.
  • Sedangkan Seksi 5 (Ruas Pematang Siantar – Seribudolok) dan Seksi 6 (Ruas Seribudolok – Parapat) merupakan ruas dukungan dari Pemerintah yang kehadirannya akan mendukung konektivitas dan meningkatkan aksesibilitas Destinasi Super Prioritas (DSP) Danau Toba.