Super Air Jet mengumumkan peluncuran rute baru dari Makassar ke Samarinda. Penerbangan perdana dijadwalkan pada 3 Januari 2024, menghubungkan Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar (UPG) di Maros, Sulawesi Selatan, ke Bandar Udara APT Pranoto Samarinda (AAP) di Kalimantan Timur.
Direktur Utama Super Air Jet, Ari Azhari, mengatakan rute ini membuka aksesibilitas yang lebih baik antara dua kota penting di Indonesia, yaitu Makassar di Sulawesi Selatan dan Samarinda di Kalimantan Timur.
"Pengembangan konektivitas regional ini memberikan kesempatan kepada para pelancong untuk menjelajahi dan mengeksplorasi kekayaan budaya dan alam di kedua wilayah ini," ujarnya melalui keterangan tertulis, Kamis (14/12).
Dia mengatakan, Makassar dan Samarinda memiliki potensi pariwisata yang besar. Makassar terkenal dengan keindahan alamnya, seperti pantai-pantai indah dan keberagaman budayanya. Di sisi lain, Samarinda menawarkan pengalaman unik dengan kekayaan alam Kalimantan, termasuk hutan tropis dan sungai yang memukau.
"Kedua destinasi ini menyediakan peluang wisata yang beragam bagi para pelancong," ujarnya.
Adapun jadwal terbang rute tersebut adalah:
Rute Super Favorit | No. Terbang | Jadwal Terbang | Jadwal Tiba | Frekuensi |
Makassar (UPG) – Samarinda (AAP) | IU-533 | 08.40 | 10.00 | 1x setiap Senin, Rabu, Jumat, Minggu |
Samarinda (AAP) – Makassar (UPG) | IU-532 | 10.40 | 12.00 | 1x setiap Senin, Rabu, Jumat, Minggu |
Jumlah Armada Pesawat di Indonesia
Laporan Civil Aircraft Register 2023 menunjukkan Super Air Jet memiliki 44 armada pesawat hingga akhir 2022. Sementara maskapai Indonesia yang paling banyak memiliki armada pesawat adalah Lion Air sebanyak 112 unit.
Maskapai badan usaha milik negara (BUMN), yaitu Garuda Indonesia, berada di peringkat kedua dengan 87 unit pesawat terbang yang terdaftar per 31 Desember 2022.
Di urutan berikutnya ada Batik Air, Wings Air, Citilink, Super Air Jet, Pelita Air, AirAsia Indonesia, Trigana Air, NAM Air, dan Sriwijaya Air.
Berikut rinciannya seperti terlihat pada grafik di bawah.