Profil Mal Ciputra Jakarta yang Mengalami Kebakaran dan Tutup Sementara

Katadata/desy setyowati
Ilustrasi diskon fintech pembayaran di Mal Ciputra.
Penulis: Yuliawati
5/10/2024, 08.55 WIB

Mal Ciputra Jakarta atau Mal Citraland tutup selama tiga hari mulai Jumat sampai Minggu (6/10) usai mengalami kebakaran pada Jumat dini hari sekitar pukul 00.50 WIB. Kebakaran terjadi di lantai lima dan lantai enam pusat perbelanjaan yang terletak di Jakarta Barat.

"Mall Ciputra akan tutup operasional sementara selama tiga hari, terhitung dari hari ini 4 Oktober hingga 6 Oktober 2024," kata Humas Mal Ciputra Jakarta Rida Kusrida, dikutip dari Antara, Sabtu (5/10).

Pada Senin (7/10) mal akan dibuka Kembali. Manajemen mal memperkirakan sisa-sisa kebakaran sudah teratasi sehingga mal bisa kembali operasional.

Rida mengatakan tidak ada karyawan atau pengunjung mal yang terluka atau tewas akibat musibah kebakaran tersebut. Saat terjadi kebakaran, Rida mengatakan penyemprot air (fire sprinkler), hidran dan detektor asap mal bekerja baik.

"Yang pasti alat pemadam kebakaran internal kami berjalan dan berfungsi baik. Buktinya bisa terselesaikan dalam waktu singkat," katanya.

Rida juga mengapresiasi petugas pemadam yang gesit tiba di lokasi dan sigap memadamkan api. Kebakaran yang terjadi pukul 00.50 WIB itu berhasil dipadamkan pukul 02.30 WIB hingga kemudian proses pendinginan selesai pukul 03.30 WIB.


Profil Mal Ciputra

Mal Ciputra Jakarta merupakan pusat perbelanjaan yang didirikan oleh Grup Ciputra, di bawah anak usaha dari PT Ciputra Development Tbk. Mal yang dibangun ulai 1993 ini berdiri di atas lahan seluas lima hektare.

Lokasi Mal Ciputra ini berada di kawasan strategis di Jalan Letjen S. Parman, Tanjung Duren Utara, Grogol Petamburan. Lokasi mal berdekatan dekat dengan tiga perguruan tinggi yakni Universitas Trisakti, Universitas Tarumanagara, dan Universitas Krida Wacana.

Mal Ciputra beroperasi sejak 1993, dengan luas bangunan mencapai 110.000 meter persegi dan area pusat perbelanjaan mencapai 75.000 meter persegi. Mal Ciputra dilengkapi dengan 360 unit pertokoan yang terdiri dari department store, pasar swalayan, bioskop, restoran, food court, toko pakaian, area bermain anak, dan pusat kebugaran.

Bangunan mal juga terkoneksi dengan Hotel Ciputra yang dimiliki Grup Ciputra. Selain Mal dan Hotel Ciputra, Grup Ciputra memiliki berbagai proyek mal, hotel dan perumahan tersebar di Indonesia.

Grup Ciputra ini didirikan oleh Ir. Ciputra (24 Agustus 1931 – 27 November 2019). Ia terkenal sebagai pengusaha properti yang sukses. Selain mendirikan Grup Ciputra, dia juga memiliki Jaya Group dan Metropolitan Group.