Kadin Anindya Bakrie Tunjuk Raffi Ahmad dan Clarissa Tanoesoedibjo Jadi Pengurus

ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/foc.
Ketua Umum hasil Munaslub Kadin Anindya Bakrie (kiri).
Penulis: Andi M. Arief
Editor: Sorta Tobing
7/10/2024, 15.30 WIB

Kamar Dagang dan Industri atau Kadin Indonesia versi Ketua Umum Anindya Bakrie menetapkan dua pengusaha muda dalam struktur kepengurusan, yakni Raffi Ahmad dan Clarissa Tanoesoedibjo. 

"Kadin mau melakukan banyak langkah terobosan. Oleh karena itu, tokoh-tokoh yang punya banyak ide kreatif dan mengerti ketertarikan generasi baru kami tarik," kata Wakil Ketua Umum Koordinator Bidang Investasi, Hilirisasi, dan Lingkungan Hidup Kadin versi Musyawarah Luar Biasa 2024, Bobby Gafur Umar, di Menara Kadin, Jakarta, Senin (7/10).

Raffi Ahmad merupakan pemilik RANS Entertainment yang memiliki delapan anak usaha dari perfilman sampai olahraga, sedangkan Clarissa kini menjabat sebagai Direktur Vision+ dan merupakan anak pengusaha Hary Tanoesoedibjo.

Dengan penunjukan tersebut Raffi menjabat sebagai Wakil Ketua Umum Bidang Industri Kreatif Kadin. Lalu, Clarissa menjadi Wakil Ketua Umum Bidang Komunikasi dan Informatika.

Raffi berencana untuk konsisten melakukan sinergi dengan pemerintah dan seluruh pelaku usaha. Ia akan menjembatani keinginan masyarakat dan tujuan pemerintah pada pemerintahan selanjutnya.

"Program yang akan Kadin lakukan di bidang industri kreatif akan disampaikan setelah pelantikan. Kami akan mengadakan pertemuan internal dan kembali mengkaji program kerja tersebut dalam waktu dekat," kata Raffi.

Selain Raffi dan Clarissa, nama lain yang tercantum pengurus tersebut adalah Arsjad Rasjid sebagai Ketua Dewan Pertimbangan. Untuk diketahui, Arsjad Rasjid masih menjadi Ketua Umum Kadin Indonesia berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 18 Tahun 2022.

Ketua Umum Kadin berdasarkan Munaslub 2024 Anindya Bakrie tidak memberikan penjelasan lebih lanjut terkait penunjukkan Arsjad sebagai Ketua Dewan Pertimbangan. "Di luar konteks diskusi hari ini ya, di luar konteks," katanya usai "Diskusi Ekonomi Pengusaha Internasional Senior" di Menara Kadin tadi siang.

Anindya menyampaikan struktur kepengurusan yang diumumkan hari ini belum rampung atau hanya 50%. Ia akan melengkapi semua posisi struktur kepengurusan setelah pelantikan Prabowo Subianto menjadi Presiden RI periode 2024-2029.

Formatur Kadin Munaslub 2024 Mulyadi Jayabaya mengatakan penunjukkan Arsjad sebagai Ketua Dewan Pertimbangan merupakan penghargaan yang diberikan oleh Anindya. Sebelumnya, Anindya menjabat sebagai Ketua Dewan Pertimbangan pada Kadin di bawah kepemimpinan Arsjad.

Di samping itu, penunjukan Arsjad dalam struktur kepengurusan Kadin versi Munaslub 2024 demi menghilangkan isu dualisme dalam tubuh organisasi pengusaha tersebut. Walau Kadin versi Munaslub 2024 belum memiliki hukum resmi.

"Pak Anindya masih memberikan penghargaan ke Pak Arsjad Rasjid karena Kadin tidak dipimpin oleh dua kubu. Kadin hanya ada satu, yakni yang dipimpin Pak Anindya," kata Mulyadi.



Reporter: Andi M. Arief