Tanah Abang Sepi: Pramono Janjikan Dana Rp300 M, RK Bangun Hunian Gen Z di Pasar

Fauza Syahputra|Katadata
Pasangan Calon Gubernur-Wakil Gubernur Jakarta nomor urut 3 Pramono Anung (kiri) dan Rano Karno (kanan) menyampaikan pemaparan saat debat kedua Pilkada Jakarta di Beach City International Stadium, Ancol, Jakarta Utara, Minggu (27/10/2024).
Penulis: Agustiyanti
27/10/2024, 20.37 WIB

Calon Gubernur Jakarta nomor urut 1 Ridwan Kamil berjanji akan membangun hunian di atas pasar PD Jaya yang berlokasi di Tanah Abang. Ini adalah salah janji RK untuk meramaikan kembali kawasan Tanah Abang yang kini mulai sepi. 

RK bercerita, menemukan masih adanya pasar satu lantai di tanah milik PD Pasar Jaya yang berada di kawasan Tanah Abang. Ia pun ingin mengubah konsep bangunan pasar tersebut, nantinya juga mencakup area hunian.

"Kami akan konsepkan pasar berbentuk baru, konsepnya ternak, misalnya. Nanti ada hunian untuk Gen Z di atasnya, sehingga mereka tetap bisa tinggal di pusat kota meramaikan Tanah Abang," ujar RK saat menjawab persoalan Tanah Abang dalam debat Pilgub Jakarta, Minggu (27/10). 

Ia mengatakan, bersama pasangannya Suswono juga akan mempromosikan Tanah Abang dengan menggelar festival internasional di kawasan tersebut. Festival di Tanah Abang dapat digelar secara bulanan, mingguan, hingga tahunan. "Sehingga aktivitas manusia ke sana. Bank DKI juga akan kami perintahkan untuk memberi permodalam seluasnya ke pedagang Pasar Tanah Abang," ujar RK. 

Pramono Janjikan Modal Rp 300 Miliar untuk Pedagang Tanah Abang

Sementara itu, Calon Gubernur Nomor Urut 3 Pramono Anung melihat, persoalan sepinya Pasar Tanah Abang bukanlah akibat kualitas, tetapi karena harga yang lebih murah di online. Namun, menurut dia, ada sejumlah program yang dapat dan akan dilakukan pihaknya untuk meramaikan kembali Pusat Grosir jika terpilih memimpin Jakarta. 

"Kami akan mendorong promosi bersama dengan manajemen Tanah Abang dan permodalan juga dibantu. Kami menyiapkan Rp 300 miliar untuk membantu para pedagang di Tanah Abang," kata dia. 

Ia juga berjanji akan membuka lapangan kerja untuk 500 orang untuk dapat berjualan di  Tanah Abang. "Kami akan membangkitkan Tanah Abang sebagai pusat grosir terbesar di ASEAN," ujarnya. 

Reporter: Kamila Meilina