Lebih dari 1.785 koleksi modest fashion ditampilkan dalam 20 fashion show dalam rangkaian Indonesia International Modest Fashion Festival (IN2MOTIONFEST) 2025. Koleksi ini hadir dengan sentuhan wastra dan konsep sustainability karya 214 desainer dari dalam dan luar negeri.

Sejumlah desainer dan jenama dari dalam negeri yang berpartisipasi adalah Dian Pelangi, Ayu Dyah Andari, DINI by Dhini Aminarti, Khanaan, Hannie Hananto, Si.Se.Sa, kami., Restu Anggraini, Irna La Perle, Nuniek Mawardi, Lisa Fitria, Sofie, Rosie Rahmadi, Fomalhaut Zamel, Jenahara, KursienKarzai, Wignyo, Itang Yunasz, Ali Charisma, dan DedenSiswanto.

IN2MOTIONFEST turut menggandeng 11 desainer mancanegara yaitu Yodyoko dari Thailand, Ami Dhaka dari Bangladesh, Bench Bello dan Jay R Flores dari Filipina, FIZIWOO dari Malaysia, Gokhan Yavas dan QOOQ dari Turki, Laura Matilde Lampugnani dari Italia, Madame & Mister Sibarita dari Spanyol, Mkayali dari Australia, dan Sheida dari Dubai.

Perhelatan modest fashion terbesar di Indonesia yang memasuki tahun keempat ini digelar pada tanggal 8-12 Oktober 2025 di JIEXPO Convention Centre & Theater, Jakarta. Penyelenggaraannya masuk dalam rangkaian acara Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) 2025.

IN2MOTIONFEST yang dibuka Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo, menggaungkan tema One Vision, One Movement: Advancing Indonesia Modest Fashion Through Synergy & Collaboration.  Selain itu, mengedepankan gerakan kolektif, kolaborasi, dan sinergi berbagai pihak demi mencapai visi bersama, menjadikan Indonesia pusat modest fashion dunia

“Melalui IN2MOTIONFEST kita wujudkan one vision, we will maintain Indonesia as the biggest modest fashion country,” ujar Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo melalui keterangan resmi, Jumat (31/10). 

Pencapaian IN2MOTIONFEST tahun ini dalam ranah bisnis ialah business matching yang menghasilkan nilai komitmen mencapai lebih dari Rp8,9 miliar. Ini termasuk Business Matching Wastra yang menghadirkan 100 UMKM wastra, sebagian besar anggota IKRA Indonesia dan UMKM binaan Bank Indonesia serta kementerian/lembaga.

Sementara itu, area exhibition dipadati lebih dari 90.955 pengunjung, yang tidak hanya melihat tetapi juga membeli produk. Mereka bertransaksi mencapai lebih dari Rp7,2 miliar. Dan tak kalah penting, Clearance Sale for Charity, program yang pertama kalinya digelar di IN2MOTIONFEST berhasil menggalang dana sebesar lebih dari 150 juta rupiah. 

Selama ISEF dan IN2MOTIONFEST, sempat diselenggarakan pula sesi FGD dan seminar yang membahas trend forecasting, inovasi dan strategi bisnis. Dari sini lahir gagasan dan rekomendasi penting yang dapat memperkuat arah kebijakan, strategi industri, dan peran modest fashion dalam perekonomian. 

Melalui sinergi dan kolaborasi dengan ragam inisiasi program strategis, diharapkan dapat membuka peluang lebih besar bagi desainer lokal dan nasional serta pengrajin wastra, untuk meningkatkan eksposur produk serta akses pasar, baik domestik maupun global.

Tahun ini, IN2MOTIONFEST didukung Kementerian Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Republik Indonesia, Kementerian Perdagangan Republik Indonesia, Kementerian Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Kementerian Pariwisata Republik Indonesia, serta Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS).

IN2MOTIONFEST konsisten mengarah kepada optimalisasi pemanfaatan budaya dan wastra Indonesia dalam produk sustainable modest fashion. Ini sejalan dengan penerapan ekonomi hijau pada industri modest fashion nasional sebagai kekuatan di pasar global.

Keragaman wastra dari seluruh Indonesia, di antaranya batik, songket, tenun ikat, tenun ATBM, lurik, tapis, sasirangan, jumputan, bordir, rajutan, dan eco print dalam berbagai gaya modest fashion karya  desainer anggota Industri Kreatif Syariah (IKRA) Indonesia, brand, UMKM, dan siswa sekolah mode kembali menjadi sorotan dalam rangkaian fashion show maupun trade show (pameran dagang berstandar internasional) di IN2MOTIONFEST 2025.

Dengan bergerak bersama para pemangku kepentingan, dari perajin, UMKM, desainer, akademisi, pelaku industri, hingga komunitas, IN2MOTIONFEST akan terus berupaya memperkuat ekosistem modest fashion tanah air agar dapat menembus pasar dunia.

Untuk memenangkan pasar global, modest fashion Indonesia harus menjadi terdepan dan trend setter. Melalui perhelatan ini dicanangkan satu kampanye bersama, sebuah gerakan kolektif menuju masa depan modest fashion yang lebih inklusif, berdaya, dan bermakna, yaitu One Campaign, One Movement: Santun dalam Gaya, Bijak dalam Berkarya #WearYourPurposes #WastraSastra.

Salah satu langkah konkret dari gerakan ini adalah penerbitan buku Modest Fashion Trend Forecasting (MFTF) Recode 2026/202. Buku ini menjadi panduan strategis bagi perajin, UMKM, desainer, pelaku usaha, dan komunitas dalam menciptakan karya kreatif serta praktik industri yang berkelanjutan. Melalui buku ini, Indonesia tidak hanya merancang gaya, tetapi juga membangun masa depan modest fashion yang berkarakter, beretika, dan berdaya saing global.

IN2MOTIONFEST mengakselerasi modest fashion sebagai penggerak ekonomi nasional. Dengan Satu Visi, Satu Gerakan: membangun modest fashion Indonesia melalui sinergi dan kolaborasi, saatnya kita semua ambil bagian dalam perubahan besar modest fashion Indonesia.

Baca artikel ini lewat aplikasi mobile.

Dapatkan pengalaman membaca lebih nyaman dan nikmati fitur menarik lainnya lewat aplikasi mobile Katadata.