5 Cara Membuat Tanda Tangan Digital dengan Mudah

kementerian kominfo
Ilustrasi, Dirjen Aptika Kementerian Kominfo Semuel A. Pangerapan saat mewakili Menteri Kominfo dalam Pelucuran Penyelenggara Sertifikasi Elektronik (PSrE) dan Tanda Tangan Elektronik (TTE) di Hotel Marlynn Park, Jakarta, Rabu (13/11/2019).
Editor: Agung
28/4/2022, 11.32 WIB

Di era digital atau pada era 4.0, cara membuat tanda tangan digital menjadi hal penting untuk diketahui. Ini terutama saat melakukan proses pengisian dokumen secara digital.

Pengetahuan mengenai cara membuat tanda tangan digital kian penting di saat pandemi Covid-19 yang terjadi saat ini. Pasalnya, pandemi mengubah pola hidup dan kerja, yang mengharuskan pekerjaan dilakukan secara jarak jauh.

Mengutip Glints.com, berikut ini beberapa cara membuat tanda tangan digital menggunakan beragam software dan aplikasi.

1. Menggunakan Mesin Pemindai

Cara paling sederhana untuk membuat tanda tangan digital adalah dengan melakukan pemindaian atau scan pada tanda tanganmu. Pengguna cukup mengikuti langkah-langkah berikut.

  • Buat tanda tangan di secarik kertas putih atau polos.
  • Scan tanda tangan tersebut menggunakan scanner atau aplikasi scanner pada ponselmu.
  • Simpan hasil scan tersebut dalam format JPG atau PNG. Pengguna juga bisa mengedit hasil scan tersebut untuk menghilangkan warna latar tanda tanganmu menggunakan aplikasi editor foto.
  • Pengguna bisa menggunakan tanda tangan tersebut dengan menambahkan foto (insert image) pada bagian yang perlu ditandangani.

2. Google Docs

Dilansir dari Cnet, pengguna bisa membuat tanda tangan digital dengan mudah di Google Docs dengan mengikuti langkah-langkah berikut.

  • Buka dokumen yang akan Anda tanda tangani menggunakan Google Docs.
  • Pada menu “Insert“, pilih “Drawing” dan klik “New”.
  • Pilih opsi “Scribble“.
  • Kemudian, gunakan mouse atau trackpad untuk membuat tanda tanganmu. Lalu pilih “Save and Close“. Tanda tanganmu akan muncul dalam bentuk gambar.
  • Atur ukuran dan posisi tanda tanganmu agar sesuai dengan kolom yang tersedia.
  • Add-on
  • Selain menggunakan fitur Scribble, Anda bisa memanfaatkan berbagai add-on yang tersedia di Google Docs. Berikut langkah-langkahnya.
  • Buka dokumen yang akan Anda tanda tangani menggunakan Google I. Docs.
  • Klik menu “Add-ons” yang tersedia pada header Google Docs.
  • Kemudian, pilih aplikasi tanda tangan digital yang tersedia pada add-ons tersebut.
  • Buat tanda tanganmu sesuai dengan instruksi pada aplikasi tersebut.
  • Tanda tanganmu akan muncul dalam bentuk gambar. Anda bisa mengatur ukuran dan posisi tanda tanganmu jika diperlukan.

3. PDF

Untuk memudahkan pengguna, Adobe menyediakan fitur untuk membuat tanda tangan digital melalui aplikasi Adobe Acrobat Reader. Melalui aplikasi ini, Anda bisa langsung menandatangani dokumen berformat PDF.

Untuk membuat tanda tangan digital melalui aplikasi Adobe Acrobat Reader, langkah yang harus dilakukan adalah sebagai berikut:

  • Buka dokumen PDF yang akan ditandatangani.
  • Pada toolbar yang ada pada sisi kanan layar, klik “Fill & Sign”.
  • Pilih “Sign“, lalu pilih “Add Signature“.

Terdapat tiga opsi untuk membuat tanda tangan digital melalui PDF. Pertama, opsi “Type” dengan mengetikkan nama pengguna untuk diubah menjadi tanda tangan. Kedua, opsi “Draw” untuk membuat langsung tanda tangan menggunakan mouse, trackpad, ataupun stylus.

Ketiga, opsi “Image” untuk menambahkan gambar tanda tangan pada dokumen. Setelah tanda tangan dibuat, pengguna bisa menyesuaikan ukuran dan posisi agar sesuai dengan menyeret gambar tanda tangan tersebut.

Jika sudah selesai, maka pengguna bisa menyimpan dokumen yang telah ditandatangin tersebut dengan mengklik “File” dan klik “Save” atau dengan menekan CTRL+S.

4. Aplikasi Generator Tanda Tangan Digital

Saat ini, ada banyak aplikasi generator tanda tangan digital yang bisa Anda gunakan. Mulai dari SmallPDF, Online Signature, hingga WiseStamp, yang mampu membuat tanda tangan digital seolah-olah ditulis tangan.

Cara membuat tanda tangan digital menggunakan generator ini cukup mudah, karena pengguna hanya perlu mengikuti instruksi yang ada pada aplikasi tersebut.

Tergantung pada jenis generatornya, pengguna bisa membuat langsung tanda tanganmu pada kolom yang disediakan menggunakan mouse atau trackpad. Pada beberapa aplikasi lain, pengguna cukup mengetikkan nama dan aplikasi tersebut, yang akan mengubahnya menjadi tanda-tangan.

Tanda tangan tersebut dapat disimpan untuk digunakan pada keperluan-keperluan lainnya.

5. Aplikasi Tanda Tangan Berbasis QR Code

Selain aplikasi generator tanda tangan digital, Anda juga bisa memanfaatkan aplikasi tanda tangan digital berbasis QR code. Salah satu aplikasi tanda tangan digital berbasis QR code yang bisa Anda gunakan adalah PrivyID.

QR code pada tanda tangan ini digunakan untuk memverifikasi keaslian dan legalitas tanda tanganmu pada dokumen tersebut. PrivyID juga telah memiliki jaminan keamanan dokumen melalui nomor induk dari Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo). Jadi Anda tidak perlu khawatir akan kerahasiaan dokumen.

Berikut cara membuat tanda tangan digital menggunakan aplikasi PrivyID.

  • Setelah melakukan registrasi akun, bukalah menu Setting pada pojok kanan atas profilmu.
  • Kemudian, pilih Signature dan klik Add Signature.
  • Tanda tangan digital juga bisa dibuat dengan mengetikkan nama atau menggambarnya pada kolom yang tersedia.
  • Tanda tangan digital akan tersimpan di aplikasi tersebut.

Untuk menggunakan tanda tangan digital ini, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut.

  • Klik ikon “+” kemudian pilih “Self Signing“.
  • Klik “upload” untuk membuka dokumen yang akan ditandatangani melalui aplikasi PrivyID laku klik “Sign Document“.
  • Letakkan tanda tanganmu pada posisi yang sesuai. Lalu, klik tanda centang (V) berwarna hijau.
  • Ketik kode OTP yang Anda terima melalui nomor HP yang diregistrasikan sebelumnya. Dokumen akan otomatis ditandatangani.
  • Simpan atau kirim dokumen yang sudah ditandatangani tersebut.

Demikianlah lima cara membuat tanda tangan digital yang bisa dilakukan dengan mudah. Selain mempermudah pekerjaan juga menjamin kerahasiaan terutama mengenai keamanan dan kerahasiaan.