Gempa Magnitudo 6 Guncang Bali, Getarannya Terasa Sampai Lombok

ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi
Ilustrasi. Gempa bumi mengguncang Bali pada pagi tadi, Selasa (16/7), pukul 07.17 WIB. Kekuatan gempanya mencapai magnitudo 6 dan tidak berpotensi tsunami.
Penulis: Sorta Tobing
16/7/2019, 08.22 WIB

Gempa bumi mengguncang Bali pada pagi tadi, Selasa (16/7), pukul 07.17 WIB. Kekuatan gempanya mencapai magnitudo 6 dan tidak berpotensi tsunami.

Informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengatakan, gempa berpusat di 9.11 lintang selatan, 114.54 bujur timur. Kedalamannya mencapai 68 kilometer, terletak di 83 kilometer barat daya Nusa Dua, 84 kilometer barat daya Jembrana, 89 kilometer barat daya Denpasar, 90 kilometer barat daya Tabanan, dan 917 kilometer tenggara Jakarta.

Getaran gempa terasa sampai Lombok, Nusa Tenggara Barat, dan sempat membuat panik warga. Dari pantauan Antara, sejumlah masyarakatan yang tinggal di kawasan pemukiman berhampuran ke luar rumah karena guncangannya terasa kuat.

Siswa dan siswi sekolah dasar yang sedang melakukan kegiatan belajar turut ke luar. “Gempa terasa kencang sekali,” kata Nining, warga Kota Mataram.

Orang tua murid yang baru saja mengantar anaknya juga banyak yang kembali datang ke sekolah. “Saya harus mengecek anak saya, gempanya lumayan lama,” kata orang tua murid yang tinggal di Karang Bendil.

(Baca: Gempa Magnitudo 7,4 Guncang Maluku, Tidak Berpotensi Tsunami)

Reporter: Antara