Gempa Magnitudo 7,4 Guncang Maluku, Tidak Berpotensi Tsunami

Pingit Aria
24 Juni 2019, 14:29
Pusat gempa berlokasi di laut pada jarak 289 kilometer arah barat laut Kota Saumlaki, Kabupaten Maluku Tenggara Barat, Provinsi Maluku.
Katadata
Pusat gempa berlokasi di laut pada jarak 289 kilometer arah barat laut Kota Saumlaki, Kabupaten Maluku Tenggara Barat, Provinsi Maluku.

Gempa tektonik mengguncang Maluku pada Senin, 24 Juni 2019, pukul 09.53.40 WIB. Badan Meteorologi, Klimatologi dan geofisika (BMKG) sempat menyebut Magnitudo (M) gempa bumi ini 7,7 yang selanjutnya dilakukan pemutakhiran menjadi M=7,4.

Pusat gempa terletak pada koordinat 6,44 lintas selatan (LS) dan 129,17 bujur timur (BT), atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 289 kilometer arah barat laut Kota Saumlaki, Kabupaten Maluku Tenggara Barat, Provinsi Maluku pada kedalaman 220 kilometer.

“Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi tidak berpotensi tsunami,” kata Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono dalam siaran pers, Senin (24/6).

(Baca juga: Gempa 6,9 SR Guncang Sulawesi Tengah, BMKG Beri Peringatan Tsunami)

Getaran akibat gempa ini dirasakan di daerah Saumlaki, Tual, Subawa dan Sorong, Dobo, Alor, Fak-Fak dan Kupang, Manokwari, Bima, Dompu, Banda, Waingapu, Ambon, Bula, Nabire, Merauke, Denpasar, dan Puncak Jaya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...