Kalla Targetkan Beres Juni, Arena Asian Games Dikerjakan 24 Jam

Katadata
Venue Lapangan Bola Volley untuk Asian Games 2018.
Penulis: Dimas Jarot Bayu
Editor: Yuliawati
27/4/2018, 14.27 WIB

Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menargetkan pembangunan konstruksi arena untuk kegiatan Asian Games dapat diselesaikan pada Juni 2018 atau dua bulan sebelum dimulainya perhelatan olahraga terbesar se-Asia tersebut. Kalla optimistis pembangunan kontruksi akan beres sesuai target karena pembangunan kontruksi akan dikerjakan 24 jam.

Kalla mengatakan, arena atau gelanggang kegiatan Asian Games akan mulai digunakan untuk uji coba pada Juni-Juli 2018. Salah satunya untuk uji coba kegiatan cabang olahraga jetski dan layar dalam Asian Games.

"Karena batasan dari semua, venue ini Juni harus selesai," ketika melakukan kunjungan ke venue cabang olahraga layar di Ancol, Jakarta Utara, Jumat (27/4).

(Baca juga: Jokowi Minta Promosi Asian Games 2018 Ditambah)

Kalla juga berkunjung ke Stadion Patriot Candrabhaga Kota Bekasi; Velodrome, Rawanangun, Jakarta Timur; dan gelanggang cabang olahraga jetski dan layar di Ancol, Jakarta Utara.

Menurut JK, konstruksi venue untuk Asian Games dapat diselesaikan tepat waktu. Alasannya, kondisi cuaca saat ini mulai bersahabat sehingga konstruksi akan berjalan lancar.

Selain itu, pemerintah akan menambah pekerja konstruksi guna mempercepat penyelesaian konstruksi. Jam kerja konstruksi pun bakal ditambah menjadi tiga shift dalam kurun 24 jam.

Kontruksi yang dikerjakan selama 24 jam dengan pertimbangan adanya puasa pada April-Juni 2018 serta cuti bersama dan libur nasional selama 10 hari ketika Idul Fitri.

"Semua yang tadi kami tinjau menjanjikan dan bisa kami lihat sendiri selesai pada waktunya," kata JK.

(Baca: Tahap Akhir Menuju Asian Games 2018)

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno pun optimistis arena Asian Games dapat selesai sesuai target yang ditentukan. Menurutnya, pekerja Indonesia terkenal akan semakin gigih bekerja ketika ditekan tenggat waktu.

"Semakin ditekan waktunya, semakin semangat adrenalinnya tinggi," kata Sandiaga.

Meski demikian, dia memastikan jika faktor keamanan, keselamatan, serta kesehatan tetap harus diprioritaskan. Sandiaga pun akan mempercepat proses izin dari berbagai konstruksi venue Asian Games.

Sandiaga menjelaskan, saat ini konstruksi yang masih berjalan untuk venue jetski, baseball, dan Velodrome di Rawamangun. "Velodrome 95% tak terkendala. Insya Allah kami tepat waktu, malah kami bisa lebih cepat dari jadwal di Velodrome," kata dia.