Jelang MotoGP di Mandalika, Telkom Intensif Pantau Infrastruktur TIK

Telkom
Executive General Manager Divisi Service Operation Telkom Akhmad Ludfy (keempat dari kiri) bersama Executive Vice President Divisi Enterprise Service Telkom, sekaligus Ketua Satgas TelkomGroup MotoGP Mandalika 2022 Teuku Muda Nanta (ketiga dari kanan) usai penandatanganan serah terima hasil rehearsal test seluruh jaringan dan layanan TelkomGroup untuk mendukung kompetisi dunia MotoGP di Mandalika.
Penulis: Padjar Iswara - Tim Riset dan Publikasi
16/3/2022, 09.45 WIB

Ajang kelas utama kompetisi dunia MotoGP Mandalika tinggal menghitung hari. PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) secara intensif meninjau kualitas layanan dan jaringan infrastruktur yang tergelar di venue Mandalika Circuit.

Guna menjamin keandalan layanan dan jaringan, Telkom melakukan rangkaian rehearsal test atau uji simulasi di Aula STO Mataram, Lombok, Nusa Tenggara Barat pada minggu lalu.

Rangkaian kegiatan itu diawali dengan kunjungan Komisaris Telkom Indonesia Arya Mahendra Sinulingga, dilanjutkan dengan uji simulasi yang dihadiri oleh Gubernur Nusa Tenggara Barat Zulkieflimansyah. Ikut mendampingi Direktur Network and IT Solution Telkom Herlan Wijanarko, Direktur Enterprise and Business Service Telkom Edi Witjara serta Direktur ITDC Utilitas Hari Wibisono.

Selain jaringan, pada rehearsal test pun dilakukan uji coba seluruh layanan TelkomGroup yang tersedia di event tersebut.

Simulasi dilakukan di beberapa titik kritis di antaranya terhadap jaringan akses, menguji tingkat latensi, kualitas dan kecepatan koneksi, sistem keamanan, hingga melakukan simulasi stress test atau memberi pembebanan user yang tinggi.

Selain itu, mengingat keragaman layanan yang ada meliputi layanan Telkomsel, data, dan internet, hingga WiFi, rehearsal test juga dilaksanakan terhadap jaringan akses atau last-mile yang secara spesifik dilakukan di lokasi pit building, sebagai fasilitas untuk seluruh pembalap dan team official MotoGP.

Gubernur Nusa Tenggara Barat Zulkieflimansyah mengapresiasi simulasi yang berjalan tanpa kendala berarti.

Sementara itu dari sisi infrastruktur, Direktur Network and IT Solution Telkom Herlan Wijanarko mengatakan timnya telah banyak mencatat lesson learn dari event World Superbike (WSBK) beberapa waktu silam. Saat itu Telkom pun turut berperan dalam penyediaan layanan telekomunikasi.

“Telah kami lakukan perbaikan pada beberapa titik dengan menambah bandwidth layanan, sehingga saat ini kami siap untuk penyelenggaraan MotoGP,” ujar Herlan.

Dia menjamin konektivitas dan service ICT Telkom akan memiliki performa maksimum. “Juga tidak lupa mari panjatkan doa kepada Allah SWT agar kita semua diberikan kesehatan dan kekuatan untuk mengawal ini semua dengan baik,” kata dia,”dan kami berharap berjalan dengan lancar pada saat event berlangsung.”

Direktur Enterprise and Business Service Telkom Edi Witjara berharap langkah Telkom tidak hanya sekadar mendukung layanan telekomunikasi saat event MotoGP, tetapi juga dapat mendukung kemajuan wilayah Nusa Tenggara Barat.  

Untuk penyelenggaraan MotoGP, TelkomGroup menyediakan 1.908 BTS untuk layanan Telkomsel yang juga meng-cover jaringan 5G. Selain itu layanan Astinet dengan kapasitas mencapai 920Mbps serta layanan Wi-Fi melalui 125 Access Point berkapasitas 6Gbps yang tersebar di enam area di antaranya medical center, pit building, paddock, race control, tv compound, dan area tribun untuk spectator

Sebagai fungsi monitoring, TelkomGroup menyiapkan sejumlah empat Posko 24/7 yang berlokasi di Witel Mataram dan Mandalika untuk memonitor infrastruktur transportasi dan elemen network ICT services TelkomGroup.

Selain itu, ratusan personel pun disiapkan untuk pengamanan seluruh alat produksi agar selalu dalam keadaan baik. Posko tersebut dilengkapi dengan Mini Network Operation Center atau Mini NOC yang terintegrasi dengan Posko Telkom Integrated Operation Center (TIOC) yang berjenjang dari level regional hingga nasional.

Selain rehearsal test, TelkomGroup juga melaksanakan apel kesiapan kerja untuk seluruh personel yang bertugas mengamankan dan menyukseskan infrastruktur pada gelaran MotoGP di Mandalika Sirkuit.

Partisipasi Telkom dalam mendukung suksesnya penyelenggaraan helatan kelas dunia ini merupakan bentuk komitmen untuk selalu berperan dalam pengembangan destinasi wisata super prioritas di Indonesia.

Diharapkan melalui layanan ICT yang andal, dapat menghadirkan kenyamanan berkomunikasi dan pengalaman terbaik bagi para wisatawan domestik maupun internasional.

Dengan begitu para wisatawan tidak akan kehilangan momen berharga untuk dibagikan dan mengundang lebih banyak pengunjung yang nantinya akan meningkatkan pertumbuhan kawasan wisata Mandalika.