Cara Cek Garansi Samsung Lewat Telepon dan IMEI

Instagram/@SamsungIndonesia
Ilustrasi Samsung Galaxy S21
Editor: Intan
7/9/2022, 17.09 WIB

Samsung memberikan masa garansi untuk produk elektronik. Cara cek garansi Samsung juga bisa dilakukan melalui banyak cara. Untuk kategori ponsel Samsung, biasanya memiliki masa garansi 12 bulan (1 tahun). Sekedar mengingatkan, garansi merupakan jaminan bisa berupa perawatan hingga biaya penggantian jika barang yang Anda beli mengalami kerusakan. 

Pengguna bisa datang ke service center resmi Samsung untuk memperbaiki gadget ataupun produk elektronik yang baru Anda beli. Untuk mendapatkan garansi, Anda perlu membawa kartu garansi aktif saat akan memperbaiki memperbaiki produk elektronik Anda. Dengan begitu, Anda tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam untuk perawatan atau perbaikan produk Samsung Anda.

Dengan memanfaatkan garansi yang masih aktif, biasanya Anda tidak akan dipungut biaya perbaikan dan penggantian sparepart saat produk Samsung Anda bermasalah. Cara cek garansi Samsung dan proses klaimnya pun cukup mudah. Syaratnya, kartu garansi yang Anda miliki berasal dari pembelian produk Samsung resmi di Indonesia.

Cara Cek Garansi Samsung

Cara cek garansi Samsung bisa dilihat melalui dus boks pembelian. Hp Samsung yang beredar di Indonesia mendapatkan garansi resmi Samsung Indonesia (SEIN). Pengguna bisa cek garansi Samsung Indonesia secara online melalui IMEI, kode UMB, dan menghubungi Customer Service Samsung.

1. Cek Garansi Samsung lewat IMEI

IMEI adalah kode penting yang berisi informasi ponsel. Semua Hp Samsung memiliki nomor IMEI yang berbeda. Anda bisa cek IMEI HP melalui dus boks atau kode cek IMEI.

Berikut cara cek 15 digit nomor IMEI HP Samsung:

  • Pilih aplikasi telepon di HP Samsung
  • Ketuk kode dial *#06#
  • Pilih menu panggilan
  • Tunggu beberapa saat sampai anda mendapatkan informasi IMEI ponsel
  • Pengguna bisa menemukan nomor IMEI melalui menu pengaturan, lalu pilih About Phone (Tentang Ponsel)
  • Cek IMEI bisa dilakukan melalui website www.imei.info atau www.samsungwarrantycheck.com. Pengguna bisa memasukkan IMEI hp Samsung di kolom pencarian di website. Nantinya informasi mengenai model, serial number, dan masa garansi akan muncul.

2. Cek Garansi Samsung dengan Kode

Mengutip dari berbagai sumber, cara cek garansi Samsung bisa menggunakan kode khusus. Pengguna bisa menggunakan kode tersebut melalui panggilan telepon.

  • Buka menu telepon di HP
  • Pilih menu panggilan
  • Masukkan kode #12580369# kemudian pilih tombol Dial
  • Nantinya muncul halaman baru yang memuat informasi tentang angka dan huruf
  • Perhatikan tulisan RF CAL yang menunjukkan waktu memproduksi HP. Contohnya saja RF Cal Jaka adalah 20200115. Artinya HP tersebut diproduksi pada 15 Januari 2020.

3. Kontak Customer Service

Cara terakhir, Anda bisa menghubungi nomor resmi customer service Samsung. Beberapa cara untuk bisa terhubung dengan CS di antaranya dengan menelpon, mengakses media sosial Samsung, hingga live chat di website resmi, www.samsung.com.

  • Telepon Samsung Indonesia: 0800-112-7777 atau 0800-112-8888
  • WhatsApp: 0817-0215588
  • Instagram Samsung Indonesia: @samsung_id
  • Facebook Samsung Indonesia: @SamsungIndonesia
  • Twitter Samsung Indonesia: @SamsungID

Itulah beberapa cara cek garansi Samsung secara online. Masa garansi akan hangus jika kartu jaminan tidak terisi lengkap sesuai IMEI atau nomor seri.

Masa garansi tidak berlaku jika kerusakan hp karena kelalaian pengguna. Misalnya saja hp sering jatuh karena kelalaian pengguna, terkena cairan salah dalam penggunaan, tegangan arus listrik, terkena noda, berjamur, atau kerusakan luar yang disebabkan penggunaan sehari-hari.