Satu Galon Berapa Liter? Begini Cara Menghitungnya

Agung Samosir|KATADATA
Ilustrasi, pekerja menukar galon air kemasan yang kosong dengan baru di kawasan kalibata, Jakarta Selatan, Selasa (25/2). Saat ini total pasar air minum dalam kemasan (AMDK) di Indonesia mencapai 20 miliar liter air dengan pertumbuhan 12 persen per tahun.
Penulis: Tifani
Editor: Agung
26/9/2022, 11.25 WIB

Pertanyaan satu galon berapa liter mungkin terdengar sepele. Meskipun jawabannya terlihat sederhana, namun dalam praktiknya ada beberapa hal yang harus menjadi pertimbangan untuk menjawab pertanyaan tersebut.

Untuk menentukan satu galon berapa liter, kita harus mengetahui terlebih dahulu satuan galon yang digunakan. Ada dua jenis standar ukuran galon yang digunakan secara universal di dunia, yakni galon ukuran standar Inggris (UK) dan galon ukuran standar Amerika Serikat (AS).

Dilansir dari laman sciencetrends.com, satu galon versi AS umumnya sama dengan 3,7854118 liter. Sementara, satu galon standar Inggris umumnya setara dengan 5,54608 liter.

Lalu bagaimana dengan ukuran satu galon di Indonesia? Galon yang kerap dijumpai di Indonesia memiliki ukuran lima kali dari ukuran galon standar AS.

Maka, secara umum satu galon di Indonesia memiliki ukuran 19 liter. Akan tetapi, ukuran tersebut bukanlah patokan resmi yang disepakati.

Pada merek air mineral galon di pasaran memiliki ukuran galon yang dapat berbeda-beda. Di Indonesia galon memang bukalah ukuran resmi yang sering digunakan dan disepakati secara nasional.

Maka tidak heran apabila ukuran satu galon berapa liter, cukup membingungkan bagi sebagian besar orang.

Sekilas tentang Pengertian Air Galon

Secara bahasa, galon berasal dari kata "galun" dalam bahasa Perancis. Dalam bahasa Inggris Kuno disebut dengan "gellet" dan "jale" dalam bahasa Perancis Kuno.

Ternyata, galon bukanlah sebuah wadah seperti yang disebutkan selama ini jika membeli air minum di depot atau di toko kelontong. Galon, secara universal diartikan sebagai ukuran air.

Di AS, galon adalah satuan ukuran. Mereka menggunakan galon atau gallon (AS) sebagai satuan ukuran untuk benda cair (selain fl.oz).

Galon bukan cuma soal wadah air minum. Di Medan, orang-orang tidak hanya merujuk ke galon air, melainkan Staisun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU).

Satu Galon Berapa Liter?

Lantas, Sebelum melanjutkan ke konversi antara galon dan liter, penting untuk mendefinisikan kedua istilah ini. Liter adalah satuan volume dalam sistem metrik atau sistem pengukuran standar internasional.

Seperti yang diketahui, volume satu liter dianggap sama dengan 1.000 cm kubik atau satu desimeter kubik. Liter awalnya didefinisikan sebagai volume yang dimiliki oleh 1 kilogram air pada tekanan standar dan kepadatan puncak.

Satuan liter biasanya digunakan untuk mengukur volume barang yang disesuaikan dengan ukuran wadahnya, seperti cairan atau kumpulan padatan kecil yang dapat dituangkan dari satu wadah ke wadah lainnya.

Dalam hal massa, satu liter air murni kira-kira 1 kilogram (kg) ketika liter diukur pada kepadatan puncak, dan kepadatan maksimal terjadi pada sekitar 4 derajat celsius (0C).

Penggunaan satuan liter biasanya sebagai pengukur volume barang sesuai dengan wadahnya, baik itu carian ataupun kumpulan padatan yang dengan mudah dituangkan dari satu wadah ke wadah lainnya. Satuan liter dapat disebut dengan sentimeter kubik, ada juga pengukuran liter lainnya seperti hektoliter, dekaliter, megaliter serta kiloliter.

Istilah galon digunakan di Amerika Serikat. Ukuran galon digunakan untuk benda cair. Benda yang kita sebut sebagai “galon” di AS disebut dengan nama “five-gallon bottle”. Artinya, kapasitas air dalam kemasan tersebut, sebanding dengan lima galon air ukuran AS.

Sehingga, lima galon jika dikonversikan ke dalam satuan liter hasilnya adalah 18,9271 liter, yang kemudian dibulatkan menjadi 19 liter.

Satu Galon Aqua Berapa Liter?

Di Indonesia, pertanyaan satu galon berapa liter bisa diukur menggunakan patokan satu galon Aqua. Patokan ini digunakan, karena Aqua merupakan salah satu merek air mineral kemasan yang populer. Tak jarang, orang-orang membeli air mineral dengan langsung menyebutkan merek ini.

Lantas, satu galon dengan merek dagang Aqua ada berapa liter? Merk Aqua memiliki standar terkait volume isi dari air galon yang diproduksi oleh perusahaan mereka.

Satu galon Aqua berisi 19 liter air minum. Dengan volume sebesar ini, air kemasan galon cocok untuk konsumen rumah tangga.

Jika dikonversikan ke dalam satuan kilogram, 1 liter setara dengan 1 kilogram. Artinya, berat galon merek Aqua yang berisikan 19 liter minimal adalah 19 kilogram.

Namun perhitungan tersebut belum termasuk dengan bobot galon itu sendiri. Jika di total secara keseluruhan, berat Aqua galon dapat mencapai lebih dari 19 kilogram.

Terkait tingginya, satu galon pada umumnya di Indonesia adalah 50 cm. Sementara, diameter lehernya 6 cm dan diameter bawahnya 26 cm. Ukuran tersebut praktis untuk ditempatkan di mana saja.

Fakta Galon Isi Ulang dan Sekali Pakai

Air minum kemasan galon atau AMKG isi ulang ini telah lama menjadi solusi bagi penyedia air minum di rumah. Saat memilih AMKG, pastikan air mineral tersebut bersumber dari mata air yang baik dan bersih serta sudah diolah dengan baik dan higienis.

Hal ini penting guna memastikan air mineral dalam galon tersebut aman dan layak dikonsumsi. Penggunaan air kemasan galon yang dapat diisi ulang dinilai lebih ramah lingkungan.

Pasalnya, setelah air di dalamnya habis dikonsumsi, galon akan diambil kembali oleh produsen, dibawa ke pabrik untuk dibersihkan dan disterilkan. Kemudian galon dapat diisi ulang dengan air minum baru yang bersih serta higienis.

Air minum dalam galon menjadi salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk mengurangi polusi akibat plastik. Hal yang perlu diingat adalah tidak semua produk air kemasan galon memiliki kualitas yang baik dan layak minum.

Oleh karena itu, konsumen air minum dalam galon harus lebih cermat dalam memilih air kemasan yang berkualitas dan aman bagi kesehatan. Bila konsumen menggunakan air kemasan, pilih air kemasan yang baik agar kebutuhan cairan tubuh Anda dapat terpenuhi tanpa menimbulkan risiko terhadap kesehatan maupun lingkungan.

Kini muncul di pasaran air galon sekali pakai (AGSP) yang diklaim lebih bersih dan praktis karena dapat langsung dibuang. Air galon sekali pakai juga membuat konsumen tidak perlu mengembalikan galon kosong ke depot pengisian air untuk diisi kembali.

Plastik yang digunakan kemasan air galon sekali pakai tergolong aman, tetapi hanya boleh digunakan untuk air kemasan sekali pakai. Meski begitu, masyarakat diimbau untuk tidak mengonsumsi air kemasan galon sekali pakai.

Penggunaan AGSP bertentangan dengan kebijakan pemerintah untuk mengurangi limbah plastik. Di tengah upaya pemerintah menekan jumlah sampah plastik, kehadiran air galon kemasan sekali pakai justru dapat menambah limbah plastik.

Hal ini tentunya memberikan dampak tidak baik bagi kesehatan lingkungan. Pencemaran lingkungan akibat timbunan limbah plastik ini bisa membahayakan kesehatan secara tidak langsung.