PDIP Klaim Kantongi Nama Capres, PPP Buka Kans Gabung Koalisi

ANTARA FOTO/Didik Suhartono/YU
Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto di Universitas Airlangga Surabaya, Jawa Timur, Jumat (11/11/2022).
Penulis: Ira Guslina Sufa
8/3/2023, 13.10 WIB

Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan atau PDIP Hasto Kristiyanto menyebutkan partainya telah mengantongi nama yang akan diusung dalam pemilihan presiden 2024 mendatang. Menurut Hasto nama calon presiden terpilih akan diumumkan dalam waktu dekat. 

"Nama kan sudah mengerucut. Jadi, sudah ada di kantong ibu Mega, tinggal momentumnya kapan,” ujar Hasto saat berada di Makassar, seperti dikutip dari Antara, Rabu (8/3). 

Menurut Hasto mengenai nama yang akan diumumkan telah dipersiapkan oleh partai dengan matang. Namun ia tidak merinci siapa saja tokoh tersebut. Kedatangan Hasto ke Makassar selain persiapan menghadapi pemilihan legislatif, sekaligus membahas Pilpres.

Hasto menjelaskan, sosok yang akan dipilih menjadi calon presiden dari PDIP merupakan figur yang dinilai memiliki kepemimpinan yang kuat. Menurut Hasto, sosok yang akan dipilih diyakini bisa melanjutkan utan dari kepemimpinan Bung Karno, Megawati Soekarnoputri dan Joko Widodo. 

Sembari menunggu pengumuman capres, Hasto mengatakan partainya terus membangun komunikasi politik dengan sejumlah partai terutama yang dinilai memiliki andil yang sama dalam membangun bangsa. Sebelumnya pada Rabu (1/3) sejumlah tokoh PDIP telah menggelar pertemuan dengan Ketua Dewan Pembina Partai Persatuan Pembangunan Romahurmuziy.

"Kami saling bertemu dengan PPP, apalagi kami tetangga. Tinggal ketik pintu tetangga, kami bertemu," kata Hasto. 

Hasto mengatakan pertemuan tak hanya dilakukan dengan PPP, tapi dengan partai lain, seperti Golkar dan Partai Amanat Nasional yang satu koalisi dalam Koalisi Indonesia Membangun (KIB). Pertemuan juga dilakukan dengan Partai Gerindra dan Partai Kebangkitan Bangsa yang ada di Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KIR).

PPP Buka Kans Gabung Satu Koalisi dengan PDIP 

Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Umum PPP Muhamad Mardiono mengatakan bahwa PPP membuka peluang menjalin kerja sama politik dengan PDIP. Bahkan dia menyebut tak tertutup kemungkinan PPP dan PDIP akan gabung dalam koalisi yang sama. 

“Iya, memang kemungkinan itu ada,” kata Mardiono.

Halaman: