Jokowi Lantik Menpora Dito Ariotedjo dan Kepala BNPT Rycko Amelza

Instagram/ditoariotedjo
Dito Ariotedjo akan menjadi menteri termuda di jajaran Kabinet Indonesia Maju setelah dilantik oleh Presiden Jokowi sebagai Menpora.
Penulis: Andi M. Arief
Editor: Yuliawati
3/4/2023, 18.00 WIB

Presiden Joko Widodo resmi melantik tiga pejabat negara pada hari ini, Senin (3/4). Pejabat tersebut adalah Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo dan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Komjen Rycko Amelza Dahniel. Di samping itu, Kepala Negara juga menghadiri pembacaan sumpah Wakil Ketua Bidang Yudisial Mahkamah Agung Sunarto.

Dito ditetapkan menjadi menteri melalui Keputusan Presiden No. 26/P-2023 tentang tentang Pengangkatan Menteri Pemuda dan Olahraga Kabinet Indonesia Maju Periode tahun 2019-2024. Adapun pengangkatan Rycko sebagai Kepala BNPT melalui Keppres No. 51/TPA-2023 tentang pemberhentian dan pengangkatan dari dalam jabatan pimpinan tinggi utama di lingkungan BNPT.

"Dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengna sebaik-baiknya, dengan penuh rasa tanggung jawab," kata Dito di Istana Negara, Senin (3/4).

Dito ditetapkan menjadi pembantu Presiden Widodo hingga 2024 menggantikan Zainudin Amali yang mengundurkan diri. Adapun, Dito dan Rycko mengucapkan sumpah jabatan sekitar pukul 16.10 WIB.

Acara tersebut dihadiri oleh Ketua MA Muhammad Syarifuddin, Ketua Mahkamah Konstitusi Anwar Usman, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, hingga Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Sebagai informasi, Dito menggantikan Zainudin Amali yang mengajukan pengunduran diri pada 9 Maret 2023. Dito akan menjadi menteri termuda di Kabinet Indonesia Maju setelah dilantik.

Pria kelahiran 25 September 1990 ini merupakan kader muda Golkar. Anak dari mantan Direktur Antam Arie Prabowo Ariotedjo ini kini menjabat sebagai ketua umum DPP Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) periode 2017-2022, organisasi kepemudaan yang berada di bawah Partai Golkar.

Ia juga pernah menjadi Chef de Mission kontingen Indonesia ke Youth Olympic 2018 Argentina dan menjadi pengurus Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) DKI Jakarta.

Pada 2021 lalu, ia bekerja sama dengan Raffi Ahmad dan CEO Prestige Motor untuk membentuk Rans Sport. Dito kini menjabat sebagai Chairman Rans Nusantara FC yang berlaga di Liga 1 2022/2023 dan bagian dari Rans PIK Basketball di Indonesia Basketball League (IBL).

Adapun sejak April 2022, ia juga masuk ke dalam jajaran tim ahli Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia. Lulusan Fakultas Hukum Universitas Indonesia ini merupakan anggota tim ahli yang termuda dari tujuh anggota lainnya.

Reporter: Andi M. Arief