PKS Daftarkan Nama Caleg ke KPU Hari Ini, Diiringi Festival Budaya

ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/foc.
Presiden PKS Ahmad Syaikhu (kiri) bersama Ketua Majelis Syuro PKS Salim Segaf Al-Jufri (kedua kanan), Sekjen Habib Aboe Bakar Alhabsyi (kanan) dan bakal calon presiden yang diusung PKS Anies Baswedan (kedua kiri) melakukan cek kesiapan pasukan saat Apel Siaga Pemenangan PKS Tahun 2024 di Stadion Madya Kompleks GBK, Jakarta, Minggu (26/2/2023).
Penulis: Ade Rosman
8/5/2023, 07.16 WIB

Partai Keadilan Sejahtera atau PKS mendaftarkan nama calon anggota legislatif ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Senin (8/5) pagi. Ketua DPP PKS Bidang Humas Ahmad Mabruri mengatakan pendaftaran calon anggota DPR RI akan dilakukan langsung oleh Presiden PKS Ahmad Syaikhu. 

Sejumlah petinggi partai juga dijadwalkan hadir, Mereka adalah Bendahara Umum Mahfudz Abdurrahman, dan Sekretaris Jenderal PKS Aboe Bakar Al Habsy. Sementara di saat bersamaan, Mabruri mengatakan, struktur PKS di daerah akan melakukan pendaftaran calon anggota DPRD tingkat provinsi dan DPRD tingkat kota/kabupaten di seluruh Indonesia.

"Hadir juga calon-calon Anggota DPR RI dari PKS dengan langsung diantar masyarakat dari kalangan pemuda, petani, buruh, komunitas ojol, dan sebagainya," kata Mabruri. 

Mabruri mengungkapkan saat mendaftarkan calon anggota DPR RI ke KPU pusat di Jakarta, PKS akan menggelar karnaval budaya. Rombongan yang dipimpin oleh Syaikhu akan berjalan kaki dari Taman Suropati ke kantor KPU di Jakarta Pusat.

Menurut dia, karnaval budaya dilakukan PKS untuk memastikan pemilu sebagai pesta demokrasi khususnya 2024 nanti berjalan dengan suasana gembira.  

"InsyaAllah PKS siap bersama rakyat mengawal proses Pemilu yang jujur, adil, transparan sekaligus menyenangkan," katanya.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI mengingatkan seluruh partai politik di tingkat nasional mulai mendaftarkan nama caleg yang akan diusung. Anggota KPU Idham Holik berharap pendaftaran tidak dilakukan menumpuk di hari terakhir pendaftaran yaitu Minggu (14/5).

"Kami sudah mengingatkan, menyerahkan daftar bakal calon anggota DPR diupayakan jangan di hari terakhir agar apabila ada administrasi yang sekiranya kurang lengkap, masih ada waktu untuk melengkapi," kata Idham di Kantor KPU RI, Jakarta, Jumat (5/5). 

Sampai hari kelima pendaftaran, ia mengatakan KPU RI belum menerima satu pun pendaftaran bakal calon anggota DPR. KPU RI juga belum menerima surat pemberitahuan resmi dari pimpinan parpol mengenai rencana kedatangan para pimpinan partai untuk mendaftarkan bakal calon anggota DPR dari partai-nya. 

Seperti diketahui, KPU RI telah membuka pendaftaran bakal calon anggota legislatif (bacaleg) DPR RI untuk Pemilu 2024 mulai Senin (1/5). Pendaftaran bacaleg mulai 1-14 Mei 2023. Untuk 1-13 Mei, jam operasional pendaftaran adalah dari pukul 08.00-16.00 waktu setempat.

Sedangkan pada 14 Mei, jam operasional pendaftaran dimulai pukul 08.00-23.59 waktu setempat. KPU berharap proses pendaftaran bisa berjalan lancar. 

Reporter: Ade Rosman