PUPR Gelontorkan Rp 110 M untuk Perbaikan Jalan Penyangga IKN

Katadata/Zahwa Madjid
Progres Pembangunan di IKN.
Penulis: Nadya Zahira
Editor: Agustiyanti
31/7/2023, 09.24 WIB

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau PUPR telah menggelontorkan Rp 110 miliar untuk memperbaiki jalan daerah yang rusak di kawasan penyangga Ibu Kota Nusantara atau IKN. 

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, perbaikan jalan dilakukan sesuai dengan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 3 Tahun 2023 tentang Percepatan Peningkatan Konektivitas Jalan Daerah. Perbaikan dimulai secara serentak di seluruh wilayah IKN pada akhir Juli 2023 ini.

"Kami ingin memastikan bahwa Inpres Jalan Daerah sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo harus mulai bulan Juli 2023 ini. Sudah kita mulai semuanya, termasuk pada ruas jalan ini," ujar Basuki dalam keterangan di akun instagram @Kemenpupr, dikutip Senin (31/7).

Adapun ruas jalan rusak di wilayah sekitar IKN yang akan segera diperbaiki, yaitu jalan akses wisata Goa Batu - Tapak Raja Penajam Paser Utara, jalan akses Akses Wisata Goa Batu-Tapak Raja 1, dan Jalan Riko-Maridan. 

Perbaikan jalan akses wisata Goa Batu - Tapak Raja mulai dikerjakan Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional atau BBPJN Kalimantan Timur, Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR setelah terkontrak 25 Juli 2023 lalu. Jalan itu terhubung dengan Jalan Nasional Samboja-Sepaku menuju Kawasan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara dengan Destinasi Wisata Goa Batu Tapak Raja, termasuk permukiman transmigran Semoi-Sepaku di Desa Wonosari. 

"Kalau jalannya baik, tentu akan mudah membawa hasil perkebunan dan pertanian. Saya berharap  nantinya kawasan ini bisa menghasilkan dan mengirimkan dengan mudah seperti telur, ayam, hingga sayuran ke kawasan IKN," ujar Basuki.

Dia menjelaskan, ruas jalan tersebut adalah jalan milik Kabupaten Penajam Paser Utara yang melayani jalur transmigrasi. Wilayah yang dilintasinya akan terdapat banyak perkebunan, pertanian, dan peternakan.

Penanganan Akses Wisata Goa Batu-Tapak Raja sepanjang 9,7 km dikerjakan dalam 2 paket pekerjaan, yakni Akses Wisata Goa Batu-Tapak Raja 1 sepanjang 4,8 km, untuk kontraktor pelaksananya yakni PT Duta Mega Perkasa dengan nilai kontrak Rp 34 miliar dan Akses Wisata Goa Batu-Tapak Raja 2 sepanjang 3,5 km dengan kontraktor PT Pesona Jaya senilai Rp 33,2 miliar. 

"Jalan ini merupakan salah satu ruas yang ditangani melalui Inpres Jalan Daerah Tahap I, ditargetkan selesai Desember 2023," kata dia.

Selain Akses Wisata Goa Batu-Tapak Raja 1 dan 2, penanganan jalan daerah melaui Inpres No 3 Tahun 2023 di Provinsi Kaltim juga dikerjakan pada Jalan Riko-Maridan sepanjang 6,5 km dengan nilai kontrak Rp 43 miliar. Ketiga ruas tersebut merupakan jalan daerah pada kawasan penyangga IKN Nusantara. 

"Saya tidak ingin kalau kawasan inti IKN maju, tetapi jalan daerah di sekitarnya tidak terawat atau tidak diperbaiki. Nanti bisa tidak seimbang," ujar Basuki.

Kementerian PUPR mengantongi anggaran mencapai Rp 138,39 triliun pada tahun depan, naik daripada rencana sebelumnya Rp 128 triliun.  Kenaikan anggaran tersebut, antara lain untuk memenuhi kebutuhan pembangunan infrastruktur di kawasan IKN, salah satunya Bandara VVIP. 

Reporter: Nadya Zahira