Relawan Ganjarian Spartan Mundur dari PSI Usai Kunjungan Prabowo

ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/aww.
Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Giring Ganesha (kanan) berjabat tangan dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (tengah) dan Wakil Ketua Dewan Pembina PSI Grace Natalie (kiri) sebelum melakukan pertemuan di DPP PSI, Jakarta, Rabu (2/8/2023).
Penulis: Ade Rosman
7/8/2023, 19.58 WIB

Sejumlah relawan bakal calon presiden Ganjar Pranowo yang tergabung dalam Ganjarian Spartan mengundurkan diri sebagai kader Partai Solidaritas Indonesia. Hal ini usai pertemuan PSI dengan Prabowo Subianto.

Kader PSI yang mundur di antaranya Dwi Kundoyo, Estugraha, dan Mohamad Guntur Romli. Ketiganya merupakan bagian dari relawan Gunturian Spartan, yang mana Guntur Ketua Umum, Estugraha Wakil Ketua Umum, dan Dwi sebagai Sekretaris Jenderal.

"PSI saya anggap sudah main mata dengan Prabowo Subianto. Kehadiran Prabowo ke DPP PSI, yang disambut hangat buat saya sudah mencederai semangat dan pandangan perjuangan saya selama ini," kata Dwi Kundoyo dalam konferensi pers, di Cikini, Jakarta Pusat, Senin (7/8).

Dwi mengatakan, dengan keputusan muntur mereka diikuti pula dengan batalnya niatan maju sebagai calon legislatif dari PSI. Dwi mundur sebagai caleg PSI DPRD DKI Jakarta, dan Estugraha Mundur sebagai Caleg PSI DPRD Kota Bogor.

Menurutnya, hubungan antara PSI dengan Prabowo saat ini bertolak belakang dengan sikap PSI pada Pilpres 2019, di mana ketika itu PSI kerap melontarkan narasi penolakan terhadap Ketua Umum Partai Gerindra tersebut.

"PSI saling kontra saat Pilpres pada tahun 2014-2019 antara PSI dan Gerindra, antara PSI dengan pendukung Prabowo," katanya. Padahal, gambaran berbeda pandangan dengan Prabowo itulah yang menjadi alasannya untuk bergabung dengan PSI.

Prabowo bersama petinggi Partai Gerindra lainnya mengunjungi markas PSI di Jakarta Pusat, pada Rabu (2/8). Usai pertemuan itu, Wakil Ketua Dewan Pembina PSI Grace Natalie mengatakan masa depan Indonesia akan cerah.

Grace mengatakan, hal itu lantaran Prabowo menyampaikan akan melanjutkan apa yang telah diperjuangkan oleh Presiden Joko Widodo di dua periode kepemimpinannya. Ia mengatakan ada niatan baik dari Prabowo untuk melanjutkan apa yang sudah diperjuangkan Jokowi.

"Itu tentunya membuat kami lega dan senang bahwa Indonesia ke depan akan cerah," kata Grace kepada wartawan di Kantor DPP PSI, Jakarta Pusat.

Saat ini, Prabowo merupakan salah satu kandidat bakal calon presiden yang akan berlaga pada pilpres 2024 nanti. Grace mengatakan, PSI ingin presiden berikutnya melanjutkan apa yang telah dicapai oleh pemerintahan yang dipimpin Jokowi.

Reporter: Ade Rosman