Prabowo dan Habib Luthfi Temui Jokowi di Istana, Bahas Muktamar Sufi

Katadata
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto bersama Habib Luthfi di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (8/8). Foto: Andi M Arief.
8/8/2023, 17.28 WIB

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto sore ini menemui Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan. Kali ini, Prabowo hadir bersama Habib Muhammad Luthfi bin Yahya dan sejumlah kiai.

Prabowo menjelaskan kehadirannya untuk melaporkan rencana acara Muktamar Sufi Internasional pada akhir Agustus 2023. Habib Luthfi dalam hal ini hadir sebagai Ketua Umum World Sufi Assembly.

Prabowo menyampaikan kehadirannya dalam pertemuan dengan Jokowi diminta oleh Habib Luthfi. Di samping itu, Prabowo mengatakan acara tersebut telah didukung oleh Kementerian Pertahanan sebelum dirinya menjabat.

"Bapak Presiden berkenan membuka Muktamar Sufi Internasional ini pada 29 Agustus 2023," kata Prabowo di Istana Kepresidenan, Selasa (8/8).

Dalam pertemuan tersebut, Jokowi telah mengarahkan agar penyelenggaraan Muktamar Sufi Internasional dikoordinasikan dengan Kementerian Luar Negeri dan Kementerian Dalam Negeri.

Prabowo menjelaskan muktamar pada 29-30 Agustus 2023 tersebut akan mengangkat tema karya sufi kontemporer dalam dunia yang dinamis. Ketua Umum Partai Gerindra itu mencatat akan ada empat bidang yang dibahas.

Keempat bidang tersebut adalah pendidikan sufi dan pengaruhnya terhadap penyucian jiwa; ekonomi dan pembangunan berkelanjutan; industri media dan opini publik; dan peran penting tasawuf dalam membangun manusia dan mengembangkan peradaban.

Dalam kesempatan tersebut, Prabowo sempat ditanya awak media mengenai posisinya yang masih berada di peringkat atas survei calon presiden. Namun ia enggan mengomentari hal tersebut. "Alhamdulillah, Alhamdulillah," ujar Prabowo.

Ia juga tak menjelaskan soal isi pertemuan dengan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) beberapa hari lalu. Prabowo hanya merespons pertanyaan awak media dengan rasa syukur. "Alhamdulillah," ujarnya.


Reporter: Andi M. Arief