Kaesang Akui Jadi Ketum PSI Berkat Privilege Anak Presiden

Ade Rosman/Katadata
Kaesang Pangarep jadi Ketua Umum PSI
Penulis: Ade Rosman
26/9/2023, 06.14 WIB

Putra bungsu Presiden Joko Widodo atau Jokowi yakni Kaesang Pangarep mengakui dirinya menjadi ketua umum PSI alias Partai Solidaritas Indonesia berkat hak istimewa sebagai anak presiden.

Kaesang Pangarep secara resmi ditunjuk menjadi ketua umum PSI menggantikan Giring Ganesha yang diumumkan dalam Kopi Darat Nasional PSI di Djakarta Theater, Jakarta Pusat, Senin malam (25/9).

"Privilege selalu ada. Sudah gitu saja," kata Kaesang.

Penunjukkan Kaesang itu termaktub dalam Surat Keputusan Dewan Pembina PSI yang dibacakan oleh Wakil Ketua Dewan Pembina PSI Grace Natalie.

"Menimbang dan seterusnya, memperhatikan dan seterusnya, memutuskan, menetapkan: satu, pengangkatan saudara Kaesang Pangarep sebagai ketua umum dewan pimpinan pusat psi periode 2023 - 2028," demikian bunyi SK Dewan Pimbina PSI yang dibacakan oleh Wakil Ketua Dewan Pembina PSI Grace Natalie Louisa, Senin (25/9).

SK tersebut ditandatangani oleh Ketua Dewan Pembina PSI Jeffry Giovani dan Sekretaris Dewan Pembina Raja Juli Antoni.

Kaesang resmi bergabung dengan PSI beberapa hari lalu. Bergabungnya putra bungsu Jokowi ini ditandai dengan diterimanya kartu tanda anggota di Solo, Jawa Tengah, pada Sabtu (23/9).

Kaesang mengungkapkan, keputusannya menerima pinangan dari PSI karena kesamaan visi dan misi.

"Saya dengan teman-teman PSI kan sudah cukup lama berhubungan, termasuk komunikasi saya dengan wakil menteri (Wamen Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional Raja Juli Antoni) dan Sis Grace," katanya setelah menerima kartu tanda anggota (KTA) dari PSI di Solo, Jawa Tengah. 

Menurutnya, komunikasi dengan para petinggi PSI terjalin lancar dan cair, sehingga ia terpikir melanjutkan hubungan tersebut dan resmi bergabung. Kaesang pun beranggapan, PSI merupakan partai politik yang mewadahi anak muda berintegritas.

"Mereka punya kompetensi dan yang penting, punya semangat untuk membuat Indonesia jauh lebih baik," katanya.

Pada kesempatan tersebut, Grace menyatakan senang dengan bergabungnya Kaesang. Ia menyebut kehadiran Kaesang memberikan energi baru untuk partai.

"Ini kegembiraan kami semua bisa menyambut anggota terbaru kami Mas Kaesang," katanya. 

Reporter: Ade Rosman