Luhut Terbang ke Singapura untuk Jalani Pemulihan, Kondisinya Membaik

Humas Kemenko Marves
Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan menghadiri langsung Kick Off Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dan Bangga Berwisata di Indonesia hari ini di Banten, Jumat (10/2).
10/10/2023, 19.30 WIB

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan memberikan kabar soal kondisi kesehatannya saat ini. Luhut hari ini terbang ke Singapura untuk menjalani pemulihan dari kondisinya saat ini.

Hal tersebut dibagikan Luhut lewat akun Instagramnya. Dalam unggahannya, Luhut menjelaskan saat ini kondisi kesehatannya telah membaik. Meski demikian, ia tak menjelaskan detail masalah kesehatan yang dialaminya.

Ia mengatakan pengobatan di jiran Indonesia itu merupakan saran dari rekannya yakni Menteri Luar Negeri Singapura Vivian Balakhrisnan dan Menteri Senior Singapura Teo Chee Hean.

"Sore ini saya memutuskan menjalani tahap pemulihan di Singapura sekaligus melakukan pemeriksaan medis dan evaluasi lebih komprehensif terkait kondisi kesehatan saya," kata Luhut dalam akun Instagramnya, Selasa (10/10).

Luhut menjelaskan awalnya ia mengalami kelelahan luar biasa usai menghadiri suatu kegiatan. Sang istri lalu membawanya ke salah satu rumah sakit di Jakarta untuk tindakan preventif.

"Rasa lelah ini tak seperti yang biasa saya rasakan selepas bekerja," katanya.

Selama beberapa hari, Luhut dilarang dokter untuk beraktivitas normal. Bahkan istrinya tak memperbolehkannya mengecek kabar dan berita terkini yang rutin dilakukan.

"Istirahat dan dengarkan tubuhmu dahulu, Pa," ujar Luhut menirukan permintaan istrinya.

Setelah itu, ia mendapatkan tawaran dari dua pejabat tinggi Singapura untuk berobat. "Saya takin sikap istri dan keputusan tim dokter adalah yang terbaik untuk saya saat ini," katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Luhut menyampaikan terima kasih, terutama untuk Presiden Joko Widodo. Jokowi mengirimkan tim dokter kepresidenan dan perawat.

"Untuk merawat saya hingga sampai pada kondisi yang telah membaik," katanya.