Jokowi Tunjuk Erick Thohir Gantikan Luhut jadi Menko Marves Ad Interim

ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/rwa.
Presiden Joko Widodo berbincang dengan Menteri BUMN Erick Thohir (kanan) saat menghadiri penandatanganan nota kesepahaman pembangunan Pertamina Sustainable Energy Center (Pusat Energi Berkelanjutan) di Ibu Kota Nusantara (IKN), Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Jumat (22/9/2023). Jokowi menunjuk Erick Thohir sebagai Menteri Koordinator Maritim dan Investasi Ad Interim menggantikan Luhut Binsar Pandjaitan yang sedang sakit.
11/10/2023, 12.29 WIB

Presiden Joko Widodo menunjuk Menteri BUMN Erick Thohir sebagai Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Ad Interim menggantikan Luhut Binsar Pandjaitan yang jatuh sakit. Luhut saat ini sedang menjalani pemulihan kesehatan di Singapura. 

"Karena saat ini Pak LBP, Menko Marves sedang menjalani perawatan kesehatan, maka Presiden Jokowi telah menunjuk Bapak Erick Thohir, Menteri BUMN sebagai Menko Marves Ad Interim," ujar Koordinator Staf Khusus Presiden Joko Widodo, Ari Dwipayana di Jakarta, Rabu (11/10).

Menurut Ari, Erick akan menempati posisi tersebut hingga Luhut dapat kembali menjalankan tugas sebagai Menteri Koordinator Maritim dan Investasi. 

Luhut sebelumnya membagikan kabar soal kondisi kesehatannya saat ini melalui akun Instagramnya. Ia terbang ke Singapura pada Selasa (10/10) untuk menjalani pemulihan dari kondisinya saat ini.

Dalam unggahannya, Luhut menjelaskan bahwa kondisi kesehatannya telah membaik meski tak menjelaskan detail masalah kesehatan yang dialaminya. Menurut Luhut, pengobatan di jiran Indonesia itu merupakan saran dari rekannya yakni Menteri Luar Negeri Singapura Vivian Balakrishnan dan Menteri Senior Singapura Teo Chee Hean.

"Sore ini saya memutuskan menjalani tahap pemulihan di Singapura sekaligus melakukan pemeriksaan medis dan evaluasi lebih komprehensif terkait kondisi kesehatan saya," kata Luhut dalam akun Instagramnya, Selasa (10/10).

Luhut menjelaskan, ia awalnya mengalami kelelahan luar biasa usai menghadiri suatu kegiatan. Sang istri  pun lalu membawanya ke salah satu rumah sakit di Jakarta untuk tindakan preventif.

"Rasa lelah ini tak seperti yang biasa saya rasakan selepas bekerja," katanya.

Selama beberapa hari, Luhut dilarang dokter untuk beraktivitas normal. Bahkan istrinya tak memperbolehkannya mengecek kabar dan berita terkini yang rutin dilakukan. "Istirahat dan dengarkan tubuhmu dahulu, Pa," ujar Luhut menirukan permintaan istrinya

Ia lantas mendapatkan tawaran dari dua pejabat tinggi Singapura untuk berobat. "Saya takin sikap istri dan keputusan tim dokter adalah yang terbaik untuk saya saat ini," katanya. Dalam kesempatan tersebut, Luhut menyampaikan terima kasih, terutama untuk Presiden Joko Widodo. Jokowi mengirimkan tim dokter kepresidenan dan perawat. "Untuk merawat saya hingga sampai pada kondisi yang telah membaik," katanya.