Arus Tol Japek Masih Padat, Contraflow Kembali Diterapkan di KM 55-65

ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah/aww.
Foto udara kendaraan melintas di Tol Jakarta-Cikampek KM 47 di Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Kamis (20/4/2023).
Penulis: Happy Fajrian
24/12/2023, 10.27 WIB

Arus lalu lintas di Jalan Tol Jakarta-Cikampek pada musim libur Natal dan Tahun Baru 2024, Minggu (24/12), masih cukup padat, sehingga petugas kembali menerapkan contraflow.

VP Corporate Secretary and Legal PT Jasamarga Transjawa Tol Ria Marlinda Paalo, mengatakan bahwa contraflow diterapkan atas diskresi kepolisian sejak pukul 8.20 WIB.

“Kali ini contraflow diterapkan satu lajur dari KM 55 sampai KM 65 ruas jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Cikampek. Hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi peningkatan volume lalu lintas,” ujarnya di Cikampek, Kabupaten Karawang, Jabar.

Contraflow adalah sistem pengaturan lalu lintas yang dapat mengubah arah normal arus kendaraan di jalan tol. Sistem rekayasa lalu lintas ini mengharuskan pengendara melalui jalur berlawanan arah, dilakukan atas diskresi kepolisian.

Contraflow menjadi salah satu cara petugas untuk mengatasi kepadatan arus lalu lintas di jalan Tol Jakarta-Cikampek pada musim libur Natal dan tahun baru. Sebelumnya pada Sabtu (23/12), petugas menerapkan contraflow sejak pagi hingga malam akibat padatnya arus lalu lintas.

“Pada musim libur Natal dan tahun baru ini PT Jasamarga Transjawa Tol juga mengoptimalkan pelayanan transaksi di Gerbang Tol Cikampek Utama dengan mengoperasikan total 18 gardu tol dari kondisi normal 15 gardu tol,” ujarnya.

Selain itu dilakukan penyiagaan tambahan 16 unit "mobile reader" untuk meningkatkan kapasitas transaksi. Hal tersebut dilakukan untuk menjaga arus lalu lintas di jalan Tol Jakarta-Cikampek yang menuju arah jalan Tol Cipali agar tetap lancar pada musim libur Natal dan tahun baru.

PT Jasa Marga (Persero) Tbk mencatat sebanyak 53 ribu kendaraan meninggalkan Jakarta melalui Jalan Tol Jakarta-Cikampek dari Gerbang Tol Cikampek Utama pada Sabtu (23/12) atau H-2 Natal.