Puan Sebut Anies Menarik di Kontestasi Pilkada Jakarta, PDIP Realistis

ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/rwa.
Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani mengusap air mata saat membacakan rekomendasi eksternal dalam penutupan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) V PDI Perjuangan di Beach City International Stadium, Ancol, Jakarta, Minggu (26/5/2024).
Penulis: Ade Rosman
4/6/2024, 17.47 WIB

Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Puan Maharani menilai sosok Anies Baswedan cukup diperhitungkan dalam bursa calon di Pilkada Jakarta 2024. Ketika ditanya apakah PDIP mempertimbangkan Anies sebagai salah satu kandidat yang akan diusung, Puan memberikan jawaban singkat. 

"Menarik juga Pak Anies," kata Puan kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (4/6).

Puan mengatakan, partai berlogo banteng bermoncong putih realistis menghadapi Pilkada Jakarta. Ia menyebut PDIP melihat cerminan wilayah sebagai pertimbangan apakah akan mengusung calon dari internal atau eksternal partai.

"Harus realistis bagaimana melihat situasi di lapangan karena setiap daerah itu wilayahnya itu beda-beda. Ini kira-kira peluangnya ada di wilayah mana," kata Puan.

Di sisi lain, sebelumnya nama salah satu kader PDIP yakni Rano Karno masuk radar Partai Amanat Nasional (PAN). Pemeran 'Si Doel' itu diduetkan PAN dengan putri Zulkifli Hasan, Zita Anjani. Menanggapi hal itu Puan mengatakan peluang bisa datang dari mana saja. 

"PDIP siap bekerjasama dengan siapa saja," kata Puan.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan pilkada serentak 2024 akan digelar pada 27 November 2024. Masa pendaftaran bakal calon kepala daerah dibuka pada 27 hingga 29 Agustus 2024. 

Saat ini belum ada partai yang mendeklarasikan dukungan untuk tokoh tertentu dalam pilkada. Nama-nama yang berada baru sebatas usulan sembari melakukan penjajakan untuk membangun koalisi di Pilkada. 

Reporter: Ade Rosman