Susi Pudjiastuti Dinilai Punya Faktor Kunci Menangkan Pilkada Jabar

ANTARA FOTO/Fauzan/aww.
Pemilik Susi Air Susi Pudjiastuti menyampaikan keterangan terkait pembakaran pesawat dan penyanderaan pilot Susi Air Philip Mark Mehrtens saat konferensi pers di Jakarta Timur, Rabu (1/3/2023).
Penulis: Ira Guslina Sufa
25/6/2024, 18.10 WIB

Nama mantan Menteri Kelautan Susi Pudjiastuti menjadi salah satu kandidat yang dijagokan untuk bertarung di pemilihan kepala daerah (Pilkada) Jawa Barat. Namanya Susi masuk dalam sosok yang dipertimbangkan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan. 

Pengamat politik dari Universitas Indonesia (UI) Aditya Perdana menilai Susi berpeluang menjadi kandidat kuat di Pilkada. Ia menyebut ketokohan Susi di Pangandaran dapat dioptimalkan untuk meraup dukungan pada Pilkada Jawa Barat 2024.

"Bu Susi punya ketokohan di daerah Jawa Barat, terutama daerah pesisir Pangandaran, yang tentu akan bisa dioptimalkan dalam mencari simpati pemilih di sana," kata Aditya  seperti dikutip Selasa (25/6). 

Selain ketokohan, dia menilai Susi punya nilai lebih lain. Ia dinilai memiliki kinerja positif selama menjabat sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan pada 2014 hingga 2019.

Meski demikian, dia berpendapat potensi untuk mengusung Susi Pudjiastuti masih tergantung pada dinamika elite partai politik di tingkat pusat. Apalagi hingga saat ini partai politik masih saling intip sebelum mengusung calon. 

"Menurut saya semua masih bisa cair, karena elite politik Jakarta masih terus mengkaji pilihan-pilihan yang ada apakah sudah tepat atau belum," kata Direktur Pusat Kajian Politik (Puskapol) UI itu.

Sebelumnya, Rabu (19/6), Ketua DPD PDIP Jawa Barat Ono Surono mengatakan bahwa partai-nya membuka peluang untuk mengusung mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti pada Pilkada Jawa Barat 2024. Dia menilai bahwa Susi Pudjiastuti merupakan figur potensial untuk diusung pada kontestasi Pilkada Jawa Barat 2024 bersama partai politik lainnya yang bersedia.

"Ada statement Bu Susi beliau apabila diminta masyarakat, beliau akan siap. PDIP akan dalami itu, apakah Bu Susi siap untuk kami usung," kata Ono di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta.

Reporter: Antara