PDIP Siapkan Mensos Risma Hadapi Khofifah di Pilgub Jawa Timur

ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/tom.
Menteri Sosial Tri Rismaharini meyampaikan materi saat menghadiri kegiatan Pelatihan Kampung Siaga Bencana di kawasan Legian, Badung, Bali, Senin (19/12/2022).
27/8/2024, 16.06 WIB

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) telah mengerucutkan nama jagoan mereka dalam Pemilihan Gubernur Jawa Timur. PDIP akan menyiapkan Menteri Sosial Tri Rismaharini untuk bertanding melawan Khofifah Indar Parawansa di Pilgub Jatim. 

Hal ini disampaikan Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIP Said Abdullah. Meski demikian, PDIP belum menyinggun soal calon wakil gubernur yang akan menemani Risma.

"Kalau Jawa Timur Ibu Risma insya Allah confirm," kata Said di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (27/8).

Said yang juga merupakan Ketua DPD PDIP Jawa Timur itu mengatakan pasangan Risma masih dalam proses pembicaraan di internal partainya dengan partai lainnya. Salah satu yang diajak bicara adalah Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

"Dengan PKB iya, para alim, para kiai, para tokoh masyarakat," kata Said.

Adapun, pasangan Khofifah-Emil telah memboyong dukungan dari sejumlah partai politik yakni PAN, Partai Golkar, Partai Gerindra, Partai Demokrat, Partai Solidaritas Indonesia, Partai Persatuan Pembangunan, Partai Keadilan Sejahtera, Partai Nasdem dan Partai Perindo.

Rencananya, Khofifah-Emil akan mendaftar ke KPUD pada Rabu (28/8). Sementara, Said belum dapat memastikan kapan Risma akan mendaftar. 

Jawa Timur bukan wilayah baru bagi Risma. Ia pernah menjabat sebagai Wali Kota Surabaya pada 2010-2015 dan 2016-2020. Ia lalu ditunjuk Presiden Joko Widodo menjadi Menteri Sosial pada Desember 2020.

Reporter: Ade Rosman