Pamit pada Komisi I DPR, Menlu Retno Titip Lanjutkan Dukung Palestina

ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/nz
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi di Jakarta, Selasa (11/7/2023).
Penulis: Ade Rosman
12/9/2024, 17.34 WIB

Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi menitipkan isu kemerdekaan Palestina dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat, di Kompleks Parlemen, Senayan, Kamis (12/9). Hal itu disampaikan Retno dalam rapat terakhir antara Kemenlu dengan Komisi I DPR periode 2019-2024. 

Sesuai agenda pergantian anggota DPR akan digelar pada 1 Oktober 2024. Sedangkan Retno akan mengakhiri tugas menjadi Menlu kabinet Indonesia Maju pimpinan Joko Widodo - Ma’ruf Amin pada 19 Oktober 2024. 

"Salah satu isu yang ingin saya titipkan terutama untuk Komisi I yang akan datang adalah mengenai Palestina," kata Retno. 

Dalam forum itu, Retno meminta agar Komisi I DPR ke depan tak berhenti mendukung Palestina memperjuangkan hak-haknya. "Jangan tinggalkan bangsa Palestina berjuang sendirian di tengah hak-hak mereka dirampas," ujar Retno lagi. 

Pada kesempatan yang sama, Retno juga menyampaikan rasa hormat dan terima kasihnya karena telah dipercaya selama 10 tahun terakhir menjadi kapten diplomasi Indonesia. Ia menyebut amanah tersebut telah coba ia jalankan dengan maksimal dengan terus berkontribusi untuk bangsa. 

Kabinet Indonesia Maju yang dipimpin Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin akan berakhir pada 20 Oktober 2024. Nantinya, estafet kepemimpinan lima tahun ke depan akan dilanjutkan oleh presiden dan wakil presiden terpilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka yang ada dilantik pada hari yang sama. 

Adapun isu Palestina menjadi salah satu isu yang menjadi perhatian serius Retno. Sejak terjadi agresi bersenjata antara tentara Israel ke Palestina, Retno termasuk yang bersuara keras mewakili Indonesia agar perdamaian segera dicapai. Ia mendorong agar Palestina dan Israel menyetujui perjanjian untuk menghentikan perang dan mengakui kemerdekaan Palestina. 

Reporter: Ade Rosman