Survei Poltracking: Pemilih Anies Cenderung Pilih Ridwan Kamil di Pilgub Jakarta

ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha/YU
Bakal calon Gubernur DKI Jakarta Ridwan Kamil (kedua kiri) menyapa teman penyandang disabilitas saat kegiatan Jejak Langkah Inklusi RIDO bersama Teman Disabilitas di Halte Transjakarta Tosari, Jakarta, Jumat (13/9/2024).
Penulis: Ira Guslina Sufa
28/9/2024, 15.30 WIB

Lembaga survei Poltracking Indonesia merilis hasil sigi terbaru kencenderungan pilihan pemilih di Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jakarta. Berdasarkan survei terbaru, Poltracking menemukan sebaran suara pemilih para pemilihan presiden 2024 tidak liniar dengan hasil di pilkada 2024. 

Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia Hanta Yuda dalam rilis survei mengatakan mayoritas pemilih Anies - Muhaimin cenderung memilih Ridwan kamil - Suswono. Sebanyak 45,4% pemilih Anies menyatakan memilih Ridwan Kamil. Sebanyak 31,2% memilih Pramono Anung - Rano Karno dan 6,7% yang memilih pasangan Dharma Pongrekun - Kun Wardana. 

"Pemilih Anies di Pilpres lebih banyak ke Ridwan Kamil baru ke Pramono kecenderungannya," ujar Yuda. Sementara itu pemilih Ganjar Pranowo - Mahfud MD cenderung memilih Pramono dengan persentase 53,2%. 

Dari segi kepuasan terhadap kinerja Anies, survei poltracking menunjukkan pemilih yang puas dan tidak puas dengan kinerja Anies sama-sama cenderung memilih Ridwan Kamil. Pemilih yang puas dengan Anies memilih Ridwan sebanyak 45% dan Pramono sebanyak 32,8% menduung Pramono. 

Sementara itu pemilih yang tidak puas dengan kinerja Anies sebanyak 56% mendukung Ridwan dan 28,9% mendukung Pramono. Adapun pendukung Jokowi di Jakarta juga mayoritas mendukung Ridwan Kamil - Suswono. 

Survei dilakukan pada 9 hingga 15 September 2024 dengan melibatkan 1.200 responden. Survei Poltracking juga menunjukkan elektabilitas pasangan Ridwan Kamil-Suswono lebih tinggi dari dua calon lainnya.

Elektabilitas Ridwan Kamil-Suswono berada pada angka 47,5 %, mengungguli dua pasangan calon lainnya. Pramono Anung-Rano Karno meraih 31,5% dan Dharma Pongrekung-Kun Wardana hanya 5,1 %.

Pada sebaran pemilih berdasarkan wilayah kabupaten/kota, dari total 6 wilayah yang ada pilihan mayoritas mengarah pada Ridwan Kamil - Suswono. Dua suku terbesar di Jakarta yaitu Betawi (44,8%) dan Jawa (27,8%) cenderung memilih pasangan Ridwan Kamil.