Dilantik Jadi Anggota DPR, Uya Kuya Janji Lebih Kritis dari Siaran Podcast

YouTube/ Gosip Mata
Uya Kuya
Penulis: Ade Rosman
1/10/2024, 10.58 WIB

Surya Utama alias Uya Kuya dilantik menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) pada Selasa (1/10). Uya yang maju dari Partai Amanat Nasional (PAN) itu mendapat suara tinggi di daerah pemilihan (Dapil) Jakarta II yakni 33.109 suara pada saat Pemilu Legislatif 2024.

Usai dilantik Uya berkomitmen memberikan jawaban atas kepercayaan yang diberikan masyarakat padanya. Ia berjanji kehadirannya di Senayan tak akan mengecewakan para pemilihnya.

Uya mengklaim saat ini ia tidak dalam k dalam keadaan makmur secara finansial. Hal itu yang menjadi alasan mengapa ia baru terjun ke dunia pilitik meski dirinya merupakan sarjana politik.

"Saya sarjana politik Universitas Indonesia. Tapi kenapa baru sekarang terjun? Karena sekarang saya udah makmur. Alhamdulillah saya udah selesai dengan duniawi," kata Uya di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (1/10).

Ia juga menjadikan nama besarnya di dunia hiburan Tanah Air sebagai jaminan dirinya tak akan merusak citranya usai masuk menjadi anggota dewan. "Saya ingin bermanfaat buat masyarakat. Intinya itu. Ya, susah-susah saya punya nama baik selama ini di dunia entertainment. Nama saya alhamdulillah tidak jelek. Masa saya mesti rusak dengan urusan korupsi?" kata dia.

Uya mengaku dirinya menyoroti isu-isu hukum dan pendidikan di Indonesia. Melalui program di kanal YouTube-nya, Uya kerap membicarakan masalah ini meski mengaku kerap mendapat intimidasi.

"Kalau lihat podcast saya, apa yang saya lakukan itu mungkin bisa lebih berani daripada anggota DPR yang ada. Dan tidak pernah ada sejarah podcast-podcast saya yang mengawal kasus hukum, ada oknum-oknum aparat, apapun saya take down," katanya. 

Reporter: Ade Rosman