Gerindra dan PDIP Beri Sinyal Ahmad Muzani jadi Ketua MPR

ANTARA FOTO/Bagus Ahmad Rizaldi/wpa/aww.
Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani (kanan) bersama sejumlah sekjen partai Koalisi Indonesia Maju (KIM)
1/10/2024, 14.34 WIB

 Ketua Harian DPP Partai Gerindra, Sufi Dasco Ahmad menyebut partainya sudah menunjuk Sekretaris Jenderal Gerindra Ahmad Muzani sebagai calon Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR). 

“Penugasan dari Partai Gerindra memang sudah ditetapkan bahwa Pak Ahmad Muzani akan maju sebagai calon ketua MPR,” kata Dasco di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (1/10). 

 Hal yang sama disebut oleh Ketua DPP PDIP Said Abdullah. Menurutnya, nama yang tepat memimpin MPR adalah Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani.

"Kalau dari pandangan PDIP yang paling pas Pak Muzani,” ujar Said di Kompleks Parlemen.

 Kendati dua petinggi partai sudah menyebut namanya, Muzani menepis isu tersebut. Menurutnya ia bukan kandidat kuat calon ketua MPR.  “Saya enggak masuk dalam nama-nama (calon ketua MPR), dengar dari mana?" ucap Muzani, di kompleks Parlemen, Senayan, Senin (30/9).

 Adapun saat ini Ketua sementara MPR RI adalah Guntur Sasono dari Partai Demokrat. Wakilnya adalah Larasati Moriska selaku anggota DPD Kalimantan Utara. 

Sedangkan Said Abdullah juga membocorkan nama politisi yang berpotensi kuat menduduki kursi pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dalam lima tahun ke depan.

Mereka adalah anggota DPR Derah Pemilihan (Dapil) Jawa Tengah V fraksi PDIP Puan Maharani, anggota DPR Dapil Banten III fraksi Partai Gerindra Sufmi Ahmad Dasco, anggota DPR Dapil Jawa Timur I fraksi Partai Golkar Adies Kadir, anggota DPR Dapil Jawa Barat VII fraksi Partai NasDem Saan Mustopa, dan anggota DPR Dapil Jawa Timur II fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKN) Faisol Riza.

"Sekelumit tentu dari Gerindra Pak Dasco, Golkar nampaknya menurut hemat saya Adies Kadir, dari NasDem saya dengar juga ada Saan Mustopa. Dari PKB mantan ketua Komisi VI adinda Riza," kata Said.

Reporter: Amelia Yesidora