RK Siapkan Dana Bagi Gen Z Jakarta Korban PHK, Pram-Rano Andalkan Balai Rakyat

Fauza Syahputra|Katadata
Cagub Jakarta nomor urut 2 Dharma Pongrekun (tengah) menyampaikan pemaparan saat debat perdana Pilkada Jakarta 2024 di grand ballroom JIExpo Convention Centre and Theatre, Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (6/10/2024).
6/10/2024, 21.54 WIB

Masalah pengangguran Gen Z atau anak muda di Jakarta turut menjadi perhatian dalam debat cagub Jakarta. Calon Gubernur Jakarta nomor urut 01 Ridwan Kamil menjanjikan adanya dana khusus bagi Gen Z di Jakarta yang menjadi korban pemutusan hubungan kerja (PHK)

"Dana kekuatan sosial selama tiga bulan sampai dapat kerja." kata Ridwan Kamil dalam debat Pilkada Jakarta di JIExpo, Jakarta, Minggu (6/10).

Ridwan juga berjanji memperbanyak ruang kerja bersama alias coworking space untuk mempermudah Gen Z kerja. Tak hanya itu, ia menjanjikan adanya toko kopi demi menunjang kerja anak muda.

"Kopinya nanti gratis," kata mantan Wali Kota Bandung itu.

Sedangkan pasangan calon gubernur-calon wakil gubernur nomor urut 03 Pramono Anung-Rano Karno akan mengandalkan balai rakyat untuk memudahkan Gen Z mengembangkan potensinya.

"Di sana itu balai lapangan kerja modern, tak hanya fokus mesin tapi komputer," kata Rano Karno.

Pasangan ini juga berjanji memudahkan rekrutmen bagi petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU). "Tidak perlu ribet dengan ijazah, (lulusan) SD bisa kerja," kata Rano.

Sedangkan calon Wakil Gubernur Jakarta nomor uru 02 Kun Wardana mengatakan masalah lapangan kerja kerap terjadi karena kebutuhan yang tak cocok. Maka ia akan memastikan kebutuhan lapangan kerja dengan pendidikan bisa cocok.

"Mereka diberikan fasilitas praktrik di pasar kerja," katanya.

Reporter: Ade Rosman