Jokowi Kemasi Barang Pribadi ke Solo, Kambing Peliharaan Turut Dibawa Pulang

Youtube/Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo usai mendarat di Bandara VVIP IKN Nusantara, Kalimantan Timur, Selasa (24/9). Foto: Youtube/Sekretariat Presiden
11/10/2024, 16.25 WIB

Presiden Joko Widodo atau Jokowi telah mengemasi sebagian besar barang pribadi di Istana Merdeka Jakarta maupun di Istana Bogor, Jawa Barat. Jokowi mengatakan juga akan mengangkut koleksi kambing yang ia rawat di Istana Bogor.

"Sudah 70% barang-barang sudah dibawa dengan box ke Solo," kata Jokowi kepada wartawan seusai meresmikan Istana Negara di IKN Nusantara, Kalimantan Timur pada Jumat (11/10).

Istana Merdeka Jakarta merupakan tempat kerja Jokowi untuk segala aktivitas resmi kepresidenan. Sementara Istana Bogor menjadi kediaman atau tempat tinggal resmi Jokowi beserta keluarganya, tepatnya di Wisma Dyah Bayurini.

Lebih jauh, Jokowi juga bakal memboyong koleksi kambing yang selama ini ia pelihara di Istana Bogor. Jokowi mengatakan kambing-kambing miliknya yang awalnya hanya berjumlah lima ekor kini berkembang menjadi 43 ekor.

"Kambingnya belum, nanti segera juga. Kambingnya 5 sekarang menjadi 43," ujar Jokowi.

Jokowi pernah mengunggah momen saat menunjukkan koleksi satwa peliharannya di Istana Bogor. Lewat tayangan video yang diunggah dalam kanal Youtube Presiden Joko Widodo pada 9 Desember 2017 lalu, Jokowi memelihara sejumlah satwa seperti Rusa, Kuda, Angsa, Entok, Kambing, Ikan.

"Dulu bulan Juni 2016 jumlahnya hanya lima. Sekarang jumlahnya sudah menjadi 13. Kambing-kambingnya bersih-bersih dan juga lumayan gemuk," kata Jokowi.

Dalam Vlog berdurasi sekitar 3.57 menit itu, Jokowi tampak memegang sendiri kamera yang ia gunakan untuk merekam sejumlah momen, terutama momen saat memberi makan hewan peliharaannya. 

Sebelumnya, Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengatakan Jokowi sudah mulai mengemasi barang-barang pribadinya, baik di Istana Merdeka Jakarta maupun di Istana Bogor.

“Sudah mulai packing. Ada foto, buku, segala macam. Banyak,” kata Pratikno kepada wartawan di ruang media atau press room Istana Merdeka Jakarta pada Selasa (8/10).

Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu