Kandidat Menteri Desa, Waketum PAN Yandri Susanto Temui Prabowo di Kertanegara

ANTARA FOTO/Galih Pradipta/nym.
Wakil Ketua Umum DPP Partai Amanat Nasional (PAN) Yandri Susanto (tengah) bersama Sekjen PAN Eddy Soeparno (kiri) dan Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani (kanan) bersiap menggelar konfrensi pers usai mengadakan pertemuan di Kantor DPP PAN, Jakarta, Senin (5/6/2023).
Penulis: Ade Rosman
14/10/2024, 16.11 WIB

Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Yandri Susanto mendatangi kediaman calon presiden terpilih Prabowo Subianto di Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan pada Senin (14/10) sore. Kedatangan Yandri berbarengan dengan kehadiran sejumlah tokoh yang juga dipanggil Prabowo. 

Yandri mengatakan pertemuan dengan Prabowo meski berlangsung singkat namun berjalan dengan lancar. Sebelum bertemu dengan Ketua Umum Partai Gerindra itu, Yandri terlebih dahulu menunggu di ruang tunggu. 

“Kemudian dipanggil ke ruangan Pak Prabowo satu-satu. Jadi saya sendiri masuk ketemu pak prabowo di satu meja,” ujar Yandri usai bertemu dengan Prabowo. 

Menurut Yandri dalam pertemuan singkat itu, Prabowo menyampaikan permintaan agar Yandari bersedia membantu di kabinet. Yandri pun mengaku sempat ditanya mengenai kesiapan untuk duduk di kabinet. 

“Saya siap demi bangsa dan negara, panggilan ini sangat mulia, dan saya siap menerima arahan dari Pak Presiden yang akan dilantik,” ujar Yandri. 

Mengenai posisi yang akan diisi, Yandri memang tak berbicara dengan spesifik. Namun, berdasarkan informasi yang diterima Katadata.co.id, Yandri akan diplot menjabat Menteri Desa. Yandri tak membantah dan membenarkan kabar itu dan menyerahkan keputusan pada Prabowo. 

“Posnya apa detailnya nanti tunggu pengumuman. Tunggu pengumuman karena itu hak prerogatif pak presiden,” tutur Yandri berkilah. 

Meski tak menyebut pos yang akan diisi, Yandri mengatakan salah satu topik dalam pembicaraan empat mata antara dirinya dan Prabowo adalah berkaitan dengan demografi dan geografi Indonesia.  “Salah satunya ya bahwa di indonesia ini kan ada kota, ada desa kan banyak. Penduduk terbanyak di desa kemudian dan sebagainya,” ujar Yandri menjelaskan. 

Di sisi lain ia mengatakan PAN secara partai menyerahkan keputusan penetapan menteri kepada Prabowo. Ia pun mengaku baru mendapat pemberitahuan untuk diminta datang ke Kertanegara sekitar pukul 12.00 WIB siang hari. 

Berdasarkan pantauan Katadata.co.id di rumah Prabowo di Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan sejumlah nama tokoh mulai berdatangan. Ada yang merupakan kader partai dan ada pula yang tidak berlatang belakang partai.

Adapun, Prabowo - Gibran Rakabuming Raka akan dilantik sebagai presiden dan wakil presiden terpilih pada 20 Oktober 2024 mendatang. Nama-nama yang akan mengisi kursi menteri dikabarkan akan langsung diumumkan pada hari yang sama dengan pelantikan Prabowo. 

Reporter: Ade Rosman