Prabowo Kumpulkan Calon Menteri di Hambalang Pagi Ini, Yusril hingga Sri Mulyani

Antara
Prabowo Subianto di rumahnya Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, Senin (14/10)
Penulis: Ira Guslina Sufa
16/10/2024, 07.28 WIB

Presiden terpilih Prabowo Subianto memanggil para calon menteri dan calon wakil menteri ke rumahnya di Hambalang, Bogor, Rabu (16/10). Pertemuan di kediaman pribadi Prabowo itu juga diikuti calon kepala badan dan lembaga negara di kabinet pemerintahan Prabowo - Gibran Rakabuming Raka. 

Pada pertemuan hari ini, Prabowo direncanakan bakal memberikan pembekalan kepada para tokoh yang masuk dalam kandidat kabinet. Pembekalan dan penyamaan pandangan itu dijadwalkan berlangsung mulai dari pukul 08.00 WIB. 

Pertemuan hari ini merupakan lanjutan tahapan penyusunan kabinet yang tengah dilakukan Prabowo. Ia sudah memanggil para calon menteri dan kepala badan pada Senin (14/10). Ada 49 tokoh yang hadir ke kediaman Prabowo di jalan Kertanegara hari itu. 

Keesokan harinya, Selasa (15/10) Prabowo kembali memanggil 59 tokoh dari kalangan profesional dan partai yang akan diplot menjadi wakil menteri. Pada kabinet mendatang Prabowo disebut setidaknya akan membentuk sekitar 46 kementerian dan lembaga. Beberapa menteri akan dibantu oleh lebih dari 1 orang wakil menteri. 

Pada pertemuan hari ini, wakil presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka juga dikabarkan akan hadir. Sebelumnya Gibran tidak ikut dalam pertemuan dengan calon menteri dan wakil menteri di Kertanegara. Ia mengatakan menyerahkan sepenuhnya urusan penyusunan kabinet kepada Prabowo. 

"Saya sudah mendapatkan sedikit bocoran waktu kemarin makan siang dan sekali lagi kita hormati pilihan dari Pak Presiden Terpilih," kata Gibran setelah bertemu dengan para pimpinan MPR, Senin (14/10) lalu.

Berikut beberapa daftar tokoh yang sudah hadir di rumah Prabowo di Hambalang hari ini: 

  1. Yusril Ihza Mahendra
  2. ⁠Nusron Wahid
  3. ⁠Budi Santoso
  4. ⁠Kapolri Listyo Sigit Purnomo
  5. ⁠Raja Juli Antoni
  6. ⁠Pratikno
  7. ⁠Panglima TNI Agus Subiyanto
  8. ⁠Menkominfo Budi Arie Setiadi
  9. ⁠Waketum PAN Yandri Susanto
  10. ⁠Kejagung
  11. ⁠Airlangga Hartarto
  12. ⁠Natalius Pigai
  13. ⁠Sri Mulyani 
  14. ⁠Saifullah Yusuf
Reporter: Amelia Yesidora, Ade Rosman