Jokowi Buka Peluang Terus Blusukan Beberapa Hari Jelang Lengser

Katadata
Presiden Joko Widodo saat meresmikan jalan di Kabupaten Aceh Besar, Aceh pada Selasa (15/10). Foto: M Fajar Riyandanu/Katadata
16/10/2024, 14.54 WIB

Presiden Joko Widodo atau Jokowi masih meluangkan waktu untuk melaksanakan kunjungan kerja ke daerah, meski jabatannya sebagai presiden tinggal tersisa dua hari masa kerja.

Jokowi baru merampungkan kunjungan dinas ke Aceh dan Sumatra Utara sejak Selasa (15/10 hingga Rabu (16/10). Namun, Jokowi akan menggunakan sisa waktu jabatannya jika masih ada infrastruktur yang siap diresmikan.

 “Kalau memang masih ada yang mau diresmikan, ya saya resmikan. Saya kan masih punya 1-2 hari,” kaya Jokowi kepada wartawan seusai meresmikan Tol Ruas Indrapura-Kisaran, Sumatera Utara pada Rabu (16/10).

Jokowi melangsungkan safari kerja sejak awal pekan ini ke Aceh dan Sumatera Utara. Di Aceh, ia meresmikan 24 ruas inpres jalan daerah (IJD) di Aceh senilai Rp 686, 5 miliar. Proyek itu mencakup 24 ruas jalan dan 1 jembatan dengan total panjang 183 kilometer (km).

 Seremoni peresemian itu berlangsung di IJD rute Blang Bintang-Krueng Raya di kawasan kaki bukit Barbate, Kabupaten Aceh Besar, Aceh pada Selasa (15/10). Ruas jalan Blang Bintang-Krueng Raya memiliki panjang 9,5 km dengan biaya proyek Rp 44,3 miliar. 

Jalur itu merupakan akses pintu tol langsung dari Krueng Raya, melewati lokasi tempat pembuangan akhir (TPA) serta lokasi wisata, mulai dari lokasi kuliner, kebun kurma, pemandian Ie Su'um hingga lokasi wisata bahari Krueng Raya.

Selain itu, Jokowi juga meresmikan Amanah Youth Creative Hub yang digelar di Gedung Pusat Aneuk Muda Aceh Unggul Hebat (Amanah). Gedung Amanah merupakan inisiasi Badan Intelijen Nasinonal (BIN) yang didukung oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

 Sore harinya, Jokowi bertolak ke Sumatera Utara untuk meresmikan Stadion Utama Sumtera Utara. Keesokan harinya, Jokowi menuju ke Kabupaten Deli Serdang ntuk meninjau sekaligus meresmikan Bendungan Lausimeme.

 Setelahnya, Jokowi dan rombongan terbatas akan melanjutkan perjalanan menuju Kabupaten Asahan, dengan menggunakan helikopter Super Puma TNI AU.

Jokowi lalu melakukan peresmian jalan tol ruas Indrapura-Kisaran seksi 2 (Lima Puluh- Kisaran) dan jalan tol Bayung Lencir-Tempino bagian ruas jalan tol Betung Jambi.

Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu