Profil Herindra, Calon Kepala BIN Pilihan Prabowo Pengganti Budi Gunawan

ANTARA FOTO/Reno Esnir/rwa.
Wakil Menteri Pertahanan Letjen TNI Muhammad Herindra (kiri), di kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (24/3/2022).
16/10/2024, 16.25 WIB

Wakil Menteri Pertahanan Muhammad Herindra telah melawati proses uji dan kelayakan atau fit and proper test yang dilakukan oleh anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) di Kompleks Parlemen Senayan Jakarta pada Rabu (16/10). 

Proses fit and proper test itu berujung pada sikap DPR yang menyetujui pencalonan Muhammad Herindra sebagai Kepala Badan Intelijen Negara (BIN). Punawirawan TNI dengan pangkat akhir Letnan Jenderal Bintang Tiga itu akan menggantikan Budi Gunawan.

Persetujuan tersebut diambil berdasarkan pertimbangan pimpinan DPR bersama tim perwakilan dari delapan fraksi di parlemen terhadap proses uji kelayakan yang telah dilakukan Herindra hari ini. Ketua DPR Puan Maharani mengatakan proses hasil uji kelayakan Herindra sebagai calon Kepala BIN untuk diambil persetujuan dalam Rapat Paripurna pada Kamis (17/10) esok hari.

Herindra masuk dalam satu di antara 49 tokoh yang dipanggil oleh Prabowo di kediamannya yang terletak di Kertanegara 4, Jakarta Selatan pada Senin (14/10). Pemanggilan tersebut ingin memastikan kesediaan mereka untuk bergabung sebagai menteri pada masa pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Herindra lahir pada tanggal 30 November 1964 di Magelang, Jawa Tengah. Dia merupakan lulusan Akademi Militer (Akmil) angkatan 1987 dan meraih Adhi Makayasa Tri Sakti Wiratama atau merupakan lulusan terbaik di angkatannya saat itu.

Karir militernya dimulai dari Komandan Peleton, menanjak ke Komandan Resimen Sandiyudha, hingga Komando Pasukan Khusus. Kemudian pada tahun 2015-2016 ia diangkat menjadi Komandan Jenderal Kopassus. Pada 2015, Herindra sempat menjadi Kepala Staf  Komando Daerah Militer (Kasdam) Siliwangi, sebelum menjadi Komandan Jenderal Komando Pasukan Khusus atau Danjen Kopassus.

Herindra selanjutnya menjabat Panglima Kodam Siliwangi pada 2016-2017 setelah menjadi Danjen Kopassus. Dia juga pernah dipercaya menjabat Kepala Staf Umum TNI setelah menjadi Inspektur Jenderal TNI selama tahun 2018 hingga 2020. Setelah itu, Herindra ditunjuk oleh Menteri Pertahanan Prabowo Subianto untuk memangku jabatan sebagai Wakil Menteri Pertahanan sejak 23 Desember 2020 hingga saat ini. Adapun masa tugas Herindra di militer berakhir pada tahun 2022.

Kedekatan Prabowo dan Herindra dapat ditelusuri melalui latar belakang militer. Keduanya berasal dari TNI Angkatan Darat dan memiliki pengalaman di satuan Kopassus. Muhammad Herindra juga tercatat sebagai Komisaris Utama PT Len Industri (Persero).

PT Len Industri merupakan BUMN yang mengembangkan bisnis dan produk-produk dalam bidang elektronika untuk industri dan prasarana. PT Len Industri pernah menggarap sejumlah proyek strategis domestik di antaranya pengadaan sistem persinyalan kereta api di berbagai jalur utama di Pulau Jawa dan Sumatera.

Selain itu, Len Industri juga berkontribusi dalam pembangunan urban transport di kota-kota besar seperti LRT Sumatera Selatan, LRT Jakarta, LRT Jabodebek dan Skytrain Bandara Soekarno Hatta Jakarta. 

==

https://www.antaranews.com/berita/4401017/dpr-setujui-pencalonan-herindra-sebagai-kepala-bin

https://www.len.co.id/dewan-komisaris/m-herindra/

Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu