Ganjar Sebut Megawati dan Prabowo Tidak Bertemu Sebelum Pelantikan

ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/tom.
Calon presiden nomor urut 3 pada Pilpres 2024, Ganjar Pranowo (kiri) melambaikan tangan kepada warga saat akan mengikuti Upacara Bendera Hari Lahir Pancasila di Lapangan Pancasila, Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT), Sabtu (1/6/2024).
18/10/2024, 19.24 WIB

Ketua DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Ganjar Pranowo menyebut pertemuan antara Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dan presiden terpilih Prabowo Subianto tidak bakal berlangsung sebelum pelantikan pada Minggu (20/10).

Pernyataan ini menepis isu bahwa kedua tokoh ini bakal bertemu sebelum pelantikan. “Saya menduga tidak (ada pertemuan) ya, dalam waktu pendek,” kata Ganjar usai menghadiri sidang doktoral Sekretaris Jenderal PDIP, Hasto Kristiyanto, di Universitas Indonesia, Depok, Jumat (18/10).

 Ia beralasan Prabowo tengah memiliki jadwal yang padat minggu ini. Mulai dari persiapan pelantikan pada Minggu (20/10) hingga persiapan pelatihan di Akademi Militer, Magelang. Di sisi lain, PDIP juga tengah menyiapkan strategi nasional untuk Pilkada.

Meski begitu, Ganjar ini yakin kedua tokoh bakal bertemu di tengah kesibukan masing-masing. “Kalau berbicara pada urusan negara, rasanya pasti akan ketemu. Tinggal waktunya saja yang cocok," kata Ganjar.

 Ganjar juga menepis kabar bahwa Prabowo batal bertemu Megawati karena Prabowo sudah bertemu Jokowi terlebih dahulu. “Kalau beliau (Prabowo) bertemu sama siapapun kan ok saja. Tapi kalau dengan ibu (Megawati) rasanya beliau punya relasi khusus,” kata lawan tanding Prabowo di Pilpres 2024 itu.

Dalam kesempatan tersebut, Ganjar tidak bisa memastikan apakah dirinya akan hadir di pelantikan Prabowo-Gibran.  Ia berencana datang, namun tidak menutup kemungkinan absen bila disuruh pergi ke daerah untuk strategi Pilkada.

“Tapi hari ini saya memulai dengan menyampaikan selamat melalui tulisan saya di Kompas untuk mendahului. Jadi seandainya saya ada ditugaskan ke tempat lain; Pak Prabowo, selamat,” ujarnya.

Sebelumnya, Prabowo berharap pertemuan dengan Megawati segera terjadi. Ia juga menargetkan bisa bertemu Mega sebelum 20 Oktober 2024. "Mudah-mudahan sebelum pelantikan," kata Prabowo di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (1/10).


Reporter: Amelia Yesidora