Megawati Tak Hadir di Pelantikan Prabowo, Tapi Sudah Kirim Bunga Terindah

ANTARA FOTO/Monang Sinaga/agr
Presiden kelima RI Megawati Soekarnoputri berfoto saat berkunjung ke Registan Square yang merupakan salah satu situs bersejarah di Samarkand, Uzbekistan, Jumat (20/9/2024).
20/10/2024, 10.13 WIB

Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Ahmad Basarah, mengatakan Ketua Umum PDIP sekaligus Presiden RI ke-5, Megawati Soekarnoputri, tidak hadir dalam agenda Sidang Paripurna Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden di Gedung Majelis Permusyawaratan Rakyat pada Ahad (20/10). 

Ahmad Basarah mengatakan PDIP melalui kader partai yang berada di fraksi DPR dan MPR akan memberikan keterangan pers soal absennya Megawati pada pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih hari ini. 

"Pada pagi hari ini saya didampingi teman-teman pimpinan fraksi PDIP DPR RI dan anggota fraksi PDIP  MPR RI akan memberikan keterangan resmi mengenai ketidakhadiran Ibu Megawati Soekarnoputri pada pelantikan hari ini" kata Ahmad Basarah di kompleks parlemen Senayan, Jakarta Pusat.

Kirim Bunga

Pada kesempatan tersebut, ia juga mengaku telah menerima tugas dari Megawati untuk menyampaikan pesan khusus kepada Prabowo melalui Sekretaris Jenderal Gerindra Ahmad Muzani pada 17 Oktober lalu.  Basarah mengatakan pertemuan antara dirinya dengan Muzani berlangsung selama 45 menit. 

"Ibu Megawati menitipkan salam dan menyampaikan ucapan selamat ulang tahun pada prabowo di tanggal 17 Oktober kemarin," kata Basarah. 

"Dan mengatakan saya sudah mengirimkan bunga ucapan ulang tahun. Bunga yang terindah untuk hari ulang tahun Pak Prabowo," ujar Basarah lagi.

Sebelumnya, Ketua MPR Ahmad Muzani mengatakan Megawati tidak dapat hadir karena kurang fit akibat melakukan perjalanan ke Uzbekistan, seperti ke makam Imam Al Bukhari di Samarkand, hingga berkunjung ke Saint Petersburg, Rusia.

"Ibu kondisinya kurang fit dan flu maka Ibu memutuskan untuk beristirahat. Dengan sangat menyesal, Ibu menyampaikan kabar kepada kami, melalui Ketua Fraksi PDI Perjuangan MPR Ahmad Basarah, untuk beristirahat,” kata Muzani di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Sabtu (19/10).

Megawati menjalani lawatan napak tilas ke Saint Petersburg, Rusia dan Uzbekistan. Di sana, Megawati mengunjungi tempat-tempat yang memiliki hubungan dengan Soekarno.

Lawatan napak tilas ini terkait dengan peran Soekarno dalam permintaan untuk mengembalikan fungsi sebuah masjid di Uzbekistan yang sempat dijadikan gudang oleh pemerintah komunis Soviet, serta usaha menemukan makam Imam Bukhari, salah satu ulama besar dalam sejarah Islam.

Adapun jadwal pelantikan Presiden dan Wakil Presiden  Pabowo Subianto-Gibran Rabuming Raka dimulai pada pukul 10.00 WIB dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya sebagai pembukaan. 

Acara inti pengucapan sumpah presiden dan wakil presiden dimulai pada pukul 10.26 sampai dengan 10.30 WIB. Prabowo juga dijadwalkan bakal menyampaikan pidato perdana sebagai presiden di hadapan para dewan pada pukul 10.47 WIB. 

Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu