Top News: Poin Pidato Perdana Presiden Prabowo dan Modus Kejahatan Quishing

ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Presiden Prabowo Subianto menyampaikan pidato perdana usai dilantik pada sidang paripurna MPR di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Minggu (20/10/2024).
21/10/2024, 05.50 WIB

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka resmi dilantik menjadi Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia untuk periode 2024-2029.

Mereka menggantikan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin yang telah menyelesaikan masa jabatan 5 tahun.

Pengambilan sumpah jabatan dilakukan dalam sidang Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR). Dalam prosesi serah terima jabatan, Prabowo bersumpah untuk menjalankan pemerintahan sesuai dengan amanat Undang-Undang Dasar (UUD) 1945.

Setelah resmi menjabat Presiden, Prabowo mendapatkan kesempatan menyampaikan pidato perdana. Dalam pidatonya, Prabowo kembali mengungkap sejumlah visi dan misi yang akan ia wujudkan di pemerintahannya mendatang.

Pidato perdana Prabowo menjadi salah satu artikel Top News Katadata.co.id. Selain itu, simak juga daftar tujuh menteri koordinator di kabinet Prabowo, serta modus kejatahan baru yang disebut Quishing.

1. 10 Poin Pernyataan Prabowo Saat Pidato Perdana Usai Resmi Dilantik jadi Presiden

Prabowo Subianto yang memenangi pemilihan presiden (Pilpres) 2024 resmi dilantik menjadi Presiden Republik Indonesia ke-8 menggantikan Joko Widodo. Pengambilan sumpah jabatan dilakukan dalam sidang Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR), Minggu (20/10).

Dalam prosesi serah terima jabatan, Prabowo bersumpah di hadapan Tuhan Yang Maha Esa dan seluruh rakyat Indonesia untuk menjalankan pemerintahan sesuai dengan amanat Undang-Undang Dasar (UUD) 1945.

Usai resmi menjabat sebagai presiden, Prabowo diberi kesempatan untuk menyampaikan pidato perdana. Dalam pidato di hadapan anggota MPR dan para pemimpin dari sejumlah negara, Prabowo kembali mengungkap sejumlah visi dan misi yang akan ia wujudkan setelah resmi menjadi presiden RI.

Pidato itu diawali Prabowo dengan mengucapkan terima kasih kepada tamu undangan yang hadir. Ia menyapa satu persatu pimpinan negara dan utusan khusus yang hadir menyaksikan langsung pelantikan Prabowo sebagai presiden RI. Setelah itu ia menyampaikan pidato perdana dengan memberi penekanan pada beberapa isu.

2. Ramai Prabowo Disebut Pidato Satu Jam Tanpa Teks di Pelantikan, Begini Faktanya

Presiden Prabowo yang mengenakan pakaian Beskap Betawi dengan nuansa biru tampil ke podium dan menyampaikan gagasannya di hadapan anggota MPR dan tamu undangan. Dalam kesempatan itu ia menyampaikan sejumlah sikap dalam pidato berdurasi 58 menit atau hampir satu jam.

Dalam pidatonya, Prabowo menyinggung sejumlah hal seperti ketahanan energi, swasembada pangan, subsidi tepat sasaran, cegah kebocoran anggaran hingga sikap mandiri sebagai bangsa. Dalam pidatonya itu Prabowo tak lupa menyampaikan dukungan untuk kemerdekaan Palestina.

Selama pidato, Prabowo menyampaikan gagasan dengan bersemangat. Pada beberapa bagian seperti saat menyatakan akan bekerja untuk kepentingan rakyat dan bukan untuk kerabat, Prabowo memberi penekanan dengan menaikkan intonasi. Hal ini menjadi perhatian masyarakat seperti terlihat dari berbagai komentar di media sosial.

3. Daftar 7 Menteri Koordinator Kabinet Prabowo, Ada Budi Gunawan, AHY dan Cak Imin

Presiden Prabowo Subianto akan mengumumkan daftar menteri kabinet dan kepala lembaga di Istana Merdeka Jakarta pada Minggu (20/10), malam. Ada tujuh orang yang akan menjabat Menteri Koordinator atau Menko, sebagian merupakan pimpinan partai politik.

"Nanti malam, insyaallah nanti malam," kata Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad menjawab pertanyaan wartawan saat ditemui di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta.

Dari daftar nama menteri yang diterima Katadata, terdapat tujuh orang yang akan menjabat Menteri Koordinator atau Menko.

4. Mengenal Maung Garuda, Limousine Buatan Pindad jadi Mobil Kepresidenan Prabowo

Presiden Prabowo Subianto meninggalkan Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, setelah resmi dilantik. Ia meninggalkan Gedung DPR dengan mengenakan kendaraan karya anak bangsa bernama Maung Pindad.

Mobil yang ditumpangi Prabowo itu diiringi tiga mobil Jeep putih dan 10 motor Paspampres. Rombongan itu kemudian membentuk barisan dan jalan keluar Gerbang DPR RI sekitar pukul 12.30 WIB.

Prabowo awalnya datang dengan mobil Toyota Alphard dengan pelat Kemhan. Selanjutnya, Prabowo meninggalkan lokasi dengan mobil SUV berkelir putih tersebut yang berpelat 'Indonesia 1' untuk menuju Istana Merdeka.

Pelat 'Indonesia 1' awalnya dipakai mobil kepresidenan sedan Mercedes-Benz hitam yang ditumpangi Presiden ke-7 Joko Widodo saat tiba di Gedung MPR. Ketika meninggalkan lokasi, Jokowi memakai mobil Toyota Alphard hitam dengan pelat B-1339-ZZR.

Maung adalah kendaraan taktis ringan 4x4 produksi PT Pindad yang ditujukan untuk mendukung operasi pertempuran jarak dekat dan jelajah medan sulit. Berdasarkan situs resmi Pindad, Maung didesain untuk memiliki kemampuan manuver yang gesit dan handal untuk mendukung mobilitas penggunanya di berbagai medan operasi.

5. Hati-hati Quishing, Modus Kejahatan Baru 'Kuras' Rekening

Quishing menjadi bentuk kejahatan siber terbaru yang semakin sering terjadi. Kejahatan ini menggabungkan teknik phishing dengan teknologi Quick Response (QR) untuk pembayaran elektronik. Tujuan quishing adalah untuk mencuri informasi dan data pribadi, keuangan, atau data kredensial pengguna seperti user ID, password, PIN, dan OTP.

Chief Digital Officer PT Bank Danamon Indonesia Andreas Kurniawan menjelaskan, dengan berbagai kemudahan yang ada di era digital, kewaspadaan terhadap penipuan digital juga harus ditingkatkan.
Quishing merepresentasikan evolusi terbaru dalam serangan phishing, yang menggabungkan teknologi kode QR yang familiar dengan taktik penipuan untuk menipu korban yang lengah.

"Mengingat dampak yang ditimbulkan cukup serius, maka kami mengimbau seluruh nasabah untuk terus waspada dan mengadopsi praktik keamanan yang kuat untuk melindungi diri dari ancaman Quishing" jelas dia dalam keterangan resmi, Sabtu (19/10) .

Ia menjelaskan, munculnya Quishing bertepatan dengan meningkatnya adopsi kode QR setelah pandemi COVID-19, ketika dunia mencari solusi tanpa kontak untuk berbagai transaksi finansial. Meskipun kode QR menawarkan kenyamanan dalam konteks yang sah seperti menu restoran, pendaftaran membership, dan pembayaran QRIS, keberadaannya yang luas telah menciptakan peluang baru bagi para penipu.